Renungan Harian Senin 17 Mei 2021

Renungan Harian Senin 17 Mei 2021

Renungan Harian Senin, 17 Mei 2021

Di bawah ini adalah Renungan Harian Senin, Tanggal 17 Mei 2021. Semoga dapat menjadi panduan berdoa Anda untuk setiap harinya. Selamat Berdoa!

Pengampunan Sudah Kuno?

Bacaan: MATIUS 6:1-15

Doa Pagi

“Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di surga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.” (Matius 6:14-15)

Renungan Harian

Belakangan ini saya mengamati adanya kecenderungan orang untuk membalas setiap perbuatan setimpal dengan apa yang telah dilakukan. Cobalah amati komentar-komentar warganet merespons berita kejahatan, yang tak jarang dipenuhi oleh sumpah serapah, atau dorongan untuk membalas kejahatan itu dengan seberat-beratnya. Cobalah untuk memberi saran agar pelakunya diampuni, lalu mencari solusi secara kekeluargaan-jika terkait perbuatan yang dapat selesai tanpa harus dibawa ke pengadilan-bisa jadi kita akan dianggap orang yang kolot atau kuno!

Bagi saya, pengampunan takkan pernah menjadi kebenaran yang ketinggalan zaman (kuno) selama manusia masih memerlukan pengampunan dari Allah. Pengampunan akan tetap relevan sebagai solusi hubungan antarmanusia yang dikoyakkan oleh konflik, perselisihan, hingga tindak kejahatan. Tentu ada konsekuensi hukum jika manusia melanggar hukum, tetapi bukan berarti mencabut pengampunan dari sana. Namun, saya masih meyakini ada cukup banyak masalah dapat selesai tanpa harus melibatkan pengadilan, seandainya lebih banyak manusia bersedia memberi pengampunan kepada orang yang bersalah kepadanya.

Alkitab sudah memberikan alasan yang sangat jelas mengapa kita harus mengampuni: karena kita pun telah dan masih akan diampuni oleh-Nya. Kebenaran yang berlaku selama bumi ada, selama kita masih perlu pengampunan dari Allah untuk segala dosa dan kesalahan kita. Allah berharap kita meneruskan pengampunan itu kepada orang lain. Nah, masihkah ada pengampunan yang sedang kita tahan?

NATS

Matius 6:1-15 (AYT)

  • 6:1 “Waspadalah dalam melakukan kewajiban agamamu di hadapan manusia, untuk dilihat oleh mereka. Jika demikian, kamu tidak akan menerima upah dari Bapamu yang di surga.
  • 6:2 Karena itu, ketika kamu memberi sedekah, jangan membunyikan trompet di hadapanmu seperti yang orang-orang munafik lakukan di sinagoge-sinagoge dan di jalan-jalan supaya mereka dipuji orang lain. Aku mengatakan yang sebenarnya kepadamu bahwa mereka sudah menerima upahnya.
  • 6:3 Akan tetapi, ketika kamu memberi sedekah, jangan biarkan tangan kirimu mengetahui apa yang tangan kananmu lakukan,
  • 6:4 supaya sedekahmu itu tersembunyi dan Bapamu yang melihat yang tersembunyi itu akan memberikan upah kepadamu.”
  • 6:5 “Dan, ketika kamu berdoa, jangan kamu seperti orang-orang munafik karena mereka suka berdiri dan berdoa di sinagoge-sinagoge dan di sudut-sudut jalan supaya dilihat orang lain. Aku mengatakan yang sesungguhnya kepadamu, mereka sudah menerima upahnya.
  • 6:6 Akan tetapi, ketika kamu berdoa, masuklah ke dalam kamarmu dan tutuplah pintunya, dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi itu akan memberikan upah kepadamu.
  • 6:7 Dan, ketika kamu berdoa, jangan menggunakan kata-kata yang tidak ada artinya, seperti yang dilakukan orang-orang yang tidak mengenal Allah, sebab mereka mengira dengan banyaknya kata-kata, mereka akan didengarkan.
  • 6:8 Karena itu, jangan seperti mereka karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan sebelum kamu meminta kepada-Nya.
  • 6:9 Berdoalah demikian, ‘Bapa kami yang di surga, Dikuduskanlah nama-Mu.
  • 6:10 Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga.
  • 6:11 Berikanlah kami, pada hari ini, makanan kami yang secukupnya.
  • 6:12 Dan, ampunilah kesalahan-kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang-orang yang bersalah kepada kami.
  • 6:13 Dan, janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari yang jahat. Karena Engkaulah Sang Pemilik Kerajaan, dan kuasa, dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.’
  • 6:14 Karena jika kamu mengampuni kesalahan-kesalahan orang lain, Bapa surgawimu juga akan mengampunimu.
  • 6:15 Akan tetapi, jika kamu tidak mengampuni kesalahan-kesalahan orang lain, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.”

******

Dalam artikel ini berisi Doa dan Renungan Harian untuk Umat Kristiani dan Katolik Senin 17 Mei 2021. Yang bisa Anda jadikan Panduan berdoa setiap harinya. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar