Nama Posisi Pemain Bola Voli

Nama Posisi Pemain Bola Voli

Nama posisi Pemain Bola Voli – Olahraga bola voli merupakan salah satu olahraga yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Dimana olahraga yang satu ini bisa dimainkan oleh siapa saja, baik itu dari kalangan anak-anak ataupun orang dewasa. Siapapun yang memainkan olahraga yang satu ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka, baik hanya untuk sekedar mencari keringat saja ataupun hal lainnya.
Permainan bola voli terdiri dari dua tim yang dimainkan oleh 6 pemain dari masing-masing tim. Untuk pertandingannya ditentukan oleh jumlah poin yang didapatkan, hal ini menjadi penentu kemenangan pertandingan. Olahraga yang satu ini juga dapat melatih kekompakan antar pemain untuk bekerjasama agar bisa menakhlukan tim lawan.

Nama Posisi Pemain Bola Voli

Berbicara soal posisi pemain bola voli, setiap orang memiliki ketertarikan sendiri untuk posisi yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa posisi pemain bola voli yang dapat anda ketahui diantaranya sebagai berikut!

  • Set Upper / Tosser

Tosser merupakan pemain yang bertugas memberikan umpan kepada rekannya setelah menerima bola dari temannya. Tosser selalu menerima bola kedua dari rekan tim untuk diteruskan ke smasher. Disinilah tugas tosser yang sangat penting untuk bisa memberikan bola yang enak supaya bisa di smash dengan baik. Bilamana mampu memberikan umpan yang baik, maka potensi untuk mendapatkan poin akan semakin besar.

  • Server

Posisi pemain bola voli yang lainnya adalah sebagai server. Posisi yang satu ini memiliki tugas sebagai service atau memberikan awalan untuk memulai permainan. Posisi server berada di bagian belakang garis. Dimana posisinya tersebut bisa anda pilih di bagian tengah, kiri ataupun kanan. Tugas server sangat penting untuk mengawali pertandingan. Bilamana servis yang dilakukan gagal, maka poin akan didapatkan oleh tim lawan.

  • Spiker Atau Smasher

Spiker merupakan salah satu posisi yang cukup penting dalam permainan bola voli. Dimana perannya begitu penting untuk bisa meraih poin kemenangan. Smasher juga bergantung pada tosser, bilamana umpan yang diberikan baik, maka smash dapat dilakukan dengan baik. Posisi yang satu ini berada di depan. Smasher memiliki peran yang sangat penting untuk bisa mendapatkan poin dari tim lawan.

  • Libero

Libero merupakan posisi dimana pemain yang satu ini berada di barisan belakang tepat di tengah. Pemain yang satu ini memiliki tugas untuk menahan serangan lawan seperti smash yang dilakukan pemain lawan. Nantinya libero akan memberikan umpan kepada toser untuk diteruskan ke smasher. Peran libero untuk pertahanan tim sangatlah pentinga.

  • Blocking

Posisi blocking sebenarnya sama halnya dengan posisi smasher, yakni berada di barisan paling depan. Akan tetapi, tugas dari seorang blocking ini membendung serangan yang dilakukan oleh tim lawan. Biasanya tim lawan akan melakukan smasher dan anda harus bisa memblok serangan tersebut. Bilamana anda mampu memblok bola smash dan memantulkan ke daerah lawan, maka poin akan dimiliki oleh anda.
Dalam permainan olahraga bola voli, sangat penting bagi anda untuk mengetahui posisi dalam permainan bola voli. Seringkali terjadi rotasi dalam bermain, anda harus bisa memahaminya dengan baik. Seperti halnya anda bertugas sebagai libero, maka anda tidak diperbolehkan untuk melakukan smash di garis serang depan.
Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nama posisi pemain bola voli. Dengan ini anda akan mengetahui secara detail mengenai posisi dalam permainan olahraga voli.
Bagikan:

Tinggalkan komentar