Nutrisi Yang Baik Bagi Ibu Hamil oleh Dokterhamil.Com

Nutrisi Yang Baik Bagi Ibu Hamil oleh Dokterhamil.Com

Mendapatkan nutrisi yang baik selama masa kehamilan tentu menjadi keutamaan ibu hamil. Selain sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan, nutrisi yang baik juga dapat mengurangi risiko komplikasi yang berbahaya bagi ibu maupun jabang bayi. Maka  cara yang paling mudah untuk mendapatkan pola makan dengan nutrisi yang baik adalah dengan memilih jenis makanannya. Berikut adalah contoh makanan yang sebaiknya banyak dikonsumsi selama kehamilan.

1. Olahan Susu Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan tentu membuat kebutuhan protein dan kalsium menjadi meningkat pada trimester pertama. Selain baik untuk pembentukan sel-sel organ janin, produk ini juga membantu menguatkan tulang sang ibu mengingat ia akan menopang perut yang semakin membesar selama 9 bulan ke depan. Itulah mengapa dokter selalu menganjurkan ibu hamil untuk meminum susu secara rutin

Lihat juga: Perubahan Ketika Hamil

2. Telur Untuk Ibu Hamil

Sebagai makanan yang kaya akan zat kolin, telur berperan penting dalam perkembangan otak serta system syaraf janin yang belum lahir. Apabila ibu hamil sampai kekurangan zat kolin, maka hal ini akan berdampak pada meningkatnya risiko cacat tabung saraf dan menurunnya fungsi otak pada janin. Maka dari itu memenuhi asupan telur dalam keseharian ibu hamil sangatlah penting.

3. Sayuran Untuk Ibu Hamil

Brokoli, bayam dan kangkung adalah salah satu contoh sayuran dengan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain mengandung vitamin, serat,  kalium, serta zat besi dan folat, sayuran biasanya kaya akan antioksidan. 

4. Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Sebagai sumber beta-karoten yang baik, zat ini nantinya akan diubah menjadi vitamin A yang kemudian berperan penting dalam pertumbuhan jaringan serta meningkatkan imunitas. Maka mengkonsumsi lebih banyak ubi jalar akan sangat bermanfaat bagi ibu dan janin.

5. Legum Untuk Ibu Hamil

Legum sendiri ialah sumber nabati yang kaya akan serat, protein, folat, kalsium, serta zat besi yang sangat berperan dalam kehamilan. Mengkonsumsi cukup folat tentunya akan memastikan bayi yang dilahirkan sehat serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Contoh dari legum sendiri ialah meliputi  lentil, kacang kedelai, kacang polong, buncis, dan kacang tanah.

Referensi: DokterHamil.Com

Bagikan:

Tinggalkan komentar