Madridista Sejati Wajib Tahu Sejarah Klub Real Madrid Raksasa Spanyol


Madridista Sejati Wajib Tahu Sejarah Klub Real Madrid Raksasa Spanyol
Sejarah Klub Real Madrid

Berbicara soal Real Madrid pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda. Real Madrid merupakan salah satu klub terbesar di dunia. Klub asal Spanyol ini sangat terkenal dengan prestasi dan gaya permainan sepakbola yang benar-benar mengagumkan.

Banyak orang yang menginspirasikan klub Real Madrid. Gaya permainannya bisa dijadikan contoh untuk klub elit yang masih baru.

Real Madrid dikenal dengan julukan Los Blancos, dimana klub yang satu ini menjadi salah satu klub terbesar yang ada di Spanyol. Berbagai macam pemain dan pelatih dari jaman dulu hingga sekarang menjadikan Real Madrid lebih terkenal seperti sekarang ini.

Tak heran jika ada banyak penggemar di dalamnya. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa banyak yang menyukai klub yang satu ini.

Di Indonesia juga banyak yang mendukung klub Real Madrid di berbagai kompetisi. Meski dukungan hanya diberikan melalui layar kaca, Real Madrid telah berhasil menarik perhatian banyak orang.

Bahkan masyarakat seringkali melakukan nonton bareng bilamana Real Madrid tampil. Khususnya untuk kompetisi bergengsi seperti Liga Champions yang menjadi pertandingan berat bagi Real Madrid untuk meraih gelar.

Melihat banyak yang suka dengan klub Real Madrid, bahkan ada yang membantuk sebuah organisasi atau kelompok fans Real Madrid di Indonesia.

Di dalamnya juga terdapat saingan berat dari klub Real Madrid, yakni FC Barcelona. Bila kedua klub ini saling berhadapan, akan menjadi pertandingan besar yang patut disaksikan.

Banyak penggemar yang sudah menanti-nantikan pertemuan keduanya karena berujung ramai.

Sejarah Lengkap Klub Real Madrid

Real Madrid didirikan pada tahun 1902 sebagai football club. Awal mula berdirinya Real Madrid yaitu diperkenalkan para akademis mahasiswa yang ada di dalamnya. Mereka mendirikan football club pada 1897 yang kemudian ada beberapa pemain yang rutin menjalankan aktivitas sepakbola setiap hari Minggu d Moncloa. Klub tersebut sempat terpecah menjadi dua bagian dan kemudian membentuk Madrid Football Club pada tanggal 6 Maret 102.

Real Madrid baru bisa merih gelar pertamanya setelah tiga tahun berdirinya yaitu pada tahun 1905 setelah mampu mengalahkan Athletic Bilbao di final Piala Copa del Rey. Pada saat itu juga, klub ini menjadi salah satu anggota pendiri dari Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol dimana Adolfo Melendez yang bertindak sebagai presiden klub tersebut.

Lihat juga: Sejarah Liga Spanyol yang Wajib Kamu Ketahui

Pada tahun 1920, nama klub tersebut berubah menjadi Real Madrid setelah Alfonso XII memperbolehkan Real menjadi nama depan dari Madrid. Liga Spanyol didirikan pada tahun 1929, dimana Real Madrid menjadi salah satu peserta klub Liga Spanyol tersebut. Debutnya baru saja bisa meraih juara pada tahun 1931. Bahkan Real Madrid mencatat namanya sebagai klub pertama yang menjuarai Liga Spanyol dua kali berturut-turut.

Real Madrid terus mengalami kejayaannya dari tahun ke tahun sebagai salah satu klub terkuat di Spanyol. Hingga saat ini, Real Madrid menjadi salah satu klub raksasa Spanyol yang sudah terkenal ke seluruh dunia.

Santiago Bernabeu Yeste

Santiago Bernabeu Yeste merupakan Presiden klub Real Madrid pada tahun 1943. Dimana stadion Real Madrid tersebut didirikan oleh Santiago Bernabeu Yeste. Stadion Santiago Bernabeu mengambil namanya dari pendiri lapangan sepakbola tersebut. Semenjak itu, Santiago Bernabeu mulai membangun timnya dengan cara mendatangkan pemain asing untuk bergabung ke klubnya.

Pada tahun 1955, terdapat sebuah usulan dari jurnalis olahraga Perancis dan editor dari L’Equipe, Gabriel Ganot, Bernabeu, Bedrignan, dan Gustav Sabes untuk menciptakan sebuah turnamen yang mendatangkan klub-klub besar dataran Eropa. Turnamen tersebut yang mendasari terbentuknya kompetisi Liga Champions.

Di bawah asuhan Santiago Bernabeu, Real Madrid mampu menjadi klub yang ditakuti oleh klub-klub lainnya. Dimana Real Madrid mampu menjuarai Piala Eropa lima kali berturut-turut. Tentu prestasi tersebut menjadi salah satu kenangan yang sangat indah bagi klub Rela madrid. Klub yang satu ini terus mengalami kejayaan, hingga pada tahun 1966 Real Madrid kembali meraih juara Piala Eropa yang keenam kalinya.

Pada tahun 1970 an, Real Madrid juga berhasil meraih kejuaraan liga sebanyak 5 kali dan 3 kali juara Piala Spanyol. Pada masa kejayaan Santiago Bernabeu, presiden Real Madrid pada saat itu meninggal dunia pada saat tournament Piala Dunia FIFA berlangsung di Argentina. Untuk menghormatinya, klub mengadakan turnamen kejuaraan Trofi Santiago Bernabeu untuk mengenang mantan Presiden klub Real Madrid.

Era Los Galaticos

Pada tahun milenial (2000), perubahan Presiden klub terjadi, dimana Florentino Perez diangakat sebagai Presiden klub Real Madrid. Ia sempat berjanji ada masa kampanye yang dilakukannya untuk menghapus hutang klub sebesar 270 juta euro. Pada masa presiden Florentino Perez mengalami perubahan besar. Klub Real Madri mengalami perkembangan yang siginifikan.

Salah satunya adalah para pemain yang didatangkan ke klub Real Madrid, beberapa nama pemain terkenal pada saat itu seperti Zinedine Zidane, Roberto Carlos, Luis Figo, David Beckham, Ronaldo, Fabio Cannavaro, dan masih banyak pemain hebat lainnya.

Era Ramon Calderon (2006-2009)

Ramon Calderon berhasil menjadi Presiden klub Real Madrid melalui pemilu yang sudah dilakukan. Pada masa itu, Ramon Calderon mendatangkan pelatih baru yaitu, Fabio Capello dimana pada tahun 2007 pelatih tersebut mampu membawa Real Madrid meraih gelar juara Liga Spanyol.

Masa kepelatihan Fabio Capello pun tidak bertahan lama karena mengalami penurunan prestasi setelah kalah dari beberapa klub elit. Real Madrid kembali mencari manager barunya, yakni Bernd Schuster yang mampu membawa Real Madrid memenangakan liga domestic ke 31.

Era Cristiano Ronaldo

Salah satu pemain terbaik dunia saat ini adalah mantan pemain Real Madrid, yakni Cristiano Ronaldo. Semenjak debutnya ke Real Madrid mampu membawa perubahan besar bagi klub Los Blancos. Pada saat itu, Cristiano Ronaldo dibeli dari klub Manchester United dengan harga transfer fantastis, yakni 8 juta pounds sterling. Dimana pada saat itu menjadi bursa transfer termahal.

Cristiano Ronaldo mencetak gol pertamanya untuk Real Madrid pada saat melawan Barcelona melalui tendangan pinalti. Pada musim 2011-2012, Cristiano Ronaldo berhasil membawa Madrid juara Liga. Pada saat itu juga CR7 mampu mencatat rekor sebagai pencetak gol tercepat di klub liga Spanyol. Cristiano Ronaldo mampu mencetak 101 gol dalam 92 pertandingan.

Real Madrid menjadi salah satu klub yang luar biasa pada masa kepelatihan Zinedine Zidane yang merupakan mantan pemain Real Madrid itu sendiri. Zidane mampu membawa Real Madrid meraih juara Liga Champions 3 kali berturut-turut. Gelar tersebut juga didapatkan berkat pemain bintang El Real, Cristiano Ronaldo.

Semenjak hengkangnya Cristiano Ronaldo dan Zidane pada saat itu, Real Madrid mengalami keterpurukan. Namun Zidane kembali didatangkan untuk menangani Real Madrid agar kembali meraih gelar di kompetisi yang akan datang. Sementara Cristiano Ronaldo hijrah ke Juventus untuk menemukan karier barunya.

Posting Komentar untuk "Madridista Sejati Wajib Tahu Sejarah Klub Real Madrid Raksasa Spanyol"