BLANTERTOKOv105
6700739585096372729

Sejarah Klub Olympique Lyonnais Wajib Kalian Ketahui

  • Sejarah Klub Olympique Lyonnais Wajib Kalian Ketahui
  • Sejarah Klub Olympique Lyonnais Wajib Kalian Ketahui

Sejarah Klub Olympique Lyonnais Wajib Kalian Ketahui

Rp. 1
  • Blog
  • Sejarah Bola

Tambah Ke Keranjang Beli Sekarang

Sejarah Klub Olympique Lyonnais Wajib Kalian Ketahui

Olympique Lyonnais atau Lyon merupakan salah satu klub terkenal yang berada di liga Perancis. Bersama dengan klub PSG, kedua klub ini memiliki persaingan yang sangat ketat.

Klub yang satu ini sempat mendominasi sebagai juara liga Perancis selama tujuh musim sebelum didominasi oleh PSG. Melihat itu, klub Olympique Lyonnais menjadi salah satu tim yang tidak boleh diremehkan.

Bukan hanya di liga Perancis saja Olympique Lyonnais memiliki kekuatan untuk bersaing. Di berbagai kompetisi lainnya, klub yang satu ini juga menjadi salah satu klub yang memiliki performa sangat baik.

Bahkan Olympique Lyonnais seringkali menjadi tim kuda hitam di kompetisi Liga Champions. Lyon mampu menjadi pesaing berat klub lainnya seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester City, dan lain sebagainya.

Olympique Lyonnais juga memiliki banyak fans, dimana banyak orang yang suka dengan klub yang satu ini karena beberapa faktor. Beberapa diantaranya seperti gaya permainan yang khas, dominasi para pemain, sejarah, dan lain sebagainya. Menjadi alasan tersendiri bagi setiap orang untuk mendukung klub yang disukainya.

Namun kebanyakan Olympique Lyonnais memiliki pendukung dari negaranya sendiri. Untuk Negara lain tidak sebanyak dengan beberapa klub besar lainnya yang memiliki banyak fans di seluruh dunia.

Sejarah Klub Olympique Lyonnais

Awal berdirinya klub Olympique Lyonnais ini hanya berupa singkatan OL saja, sebelumnya bernama Lyon Olympique. Lyon sendiri merupakan nama Kota terbesar kedua setelah Paris. Keduanya memiliki hubungan yang cukup baik, namun di kancah sepakbola Paris dan Lyon menjadi pesaing ketat. Sehingga, apabila keduanya bertemu akan menjadi persaingan yang cukup menarik untuk disaksikan.

Sebelumnya, klub Lyon ini hanyalah bagian dari beberapa klub olahraga saja. Akibat pertentangan yang terjadi antara klub sepakbola dan rugby menjadikan klub sepakbola memilih untuk berpisah. Sehingga, pada waktu itu membentuk sebuah klub bernama Olympique Lyonnais pada tahun 1899. Banyak yang mendukung semenjak berdirinya klub tersebut.

Lihat juga: Sejarah Klub PSG Yang Wajib Kalian Ketahui

Olympique Lyonnais baru bisa menjuarai kompetisi Prancis pada tahun 1908 dan 1909. Kompetisi yang diikitunya masih belum terbilang professional. Pada tahun 1942, barulah Lyon mampu memasuki liga professional.

Memasuki tahun 1945/46, Lyon berhasil menembus Ligue 1. Performanya hanya mampu bertahan semusim saja dan mengharuskan klub tersebut kembali turun ke divisi dua.

Meski begitu, Olympique Lyonnais mengalami perkembangan yang begitu pesat. Para petinggi klub menjalin kerjasama untuk membentuk klub yang professional. Pada tahun 1950, nama OL berubah menjadi Olympique Lyonnais.

Prestasi gemilang baru bisa diraih oleh klub Olympique Lyonnais pada tahun 1960 an, dimana Olympique Lyonnais mampu menyabet tiga gelar Piala Perancis.

Prestasi yang diraihnya masih belum stabil dan mengahruskan Olympique Lyonnais kembali mengalami penurunan. Hingga tahun 1989/90, Olympique Lyonnais berjaya dan terus berada di divisi pertama hingga sekarang.

Pada tahun 1995, Guy Stephan menjadi sosok pelatih anyar yang mampu membawa perubahan. Olympique Lyonnais berhasil menempati peringkat ketiga di musim 1999/00. Kejayaan mulai terlihat di tahun milenial yakni memenangi juara Piala Liga dan peringkat kedua Ligue 1.

Dominasi Ligue 1

Pada tahun 2001/2002, Olympique Lyonnais menyabet gelar Ligue 1 pertama kalinya. Hal yang paling membanggakan adalah Olympique Lyonnais terus menjuarai gelar Ligue 1 hingga musim 2007/2008. Setelah Santini mundur pada tahun 2002, Paul Le Guen menjadi penggantinya dan berhasil meraih 3 gelar Ligue 1. Prestasi tersebut dihasilkan 3 musim berturut-turut.

Paul Le Guen kemudian mengundurkan diri pada tahun 2004/2005 dan digantikan oleh mantan pelatih Liverpool.

Gerard Houllier. Olympique Lyonnais kembali mendapatkan kejayaannya dengan meraih gelar Ligue 1 kembali. Pada saat itu juga, klub Olympique Lyonnais didominasi dengan para pemain yang berkualitas seperti Essien, Gregoy Coupet, Sidey Govou, dan lain sebagainya.

Satu pemain Olympique Lyonnais yang menjadi kebanggan para supporter, yakni Juninho. Pemain tersebut merupakan kapten tim yang memiliki performa luar biasa. Juninho memiliki tendangan bebasnya yang jitu dan akurat. Dalam 265 pertandingannya, Juninho sudah mencetak 94 gol di kompetisi Ligue 1.

Musim 2008/2009

Pada tahun 2008/2009, sebelumnya Olympique de Marseille menjadi salah satu klub terbesar di Perancis dengan masa lalunya yang gemilang. Berbagai macam prestasi juga diraih klub yang satu ini. Bahkan klub tersebut pernah tak terkalahkan dan belum ada apa-apanya dibandingkan dengan Lyon.

Akan tetapi, di tahun milenial mengalami perputaran roda, dimana Olympique Lyonnais menjadi salah satu klub terhebat di Perancis. Hal ini terlihat setelah Olympique Lyonnais berhasil menyandang gelar Ligue 1 tujuh kali berturut-turut. Bahkan Olympique Lyonnais selalu memasuki kompetisi bergengsi Liga Champions. Klub yang satu ini mampu menjadi pesaing klub-klub besar lainnya.

Akan tetapi, Olympique Lyonnais sekarang memiliki pesaing yang sangat ketat sepert PSG yang mendominasi Ligue 1 akhir musim ini. Klub lainnya seperti Bordeaux dan Rennes juga menjadi pesaing ketat Olympique Lyonnais.

Di kompetisi Liga Champions musim ini, Olympique Lyonnais akan menghadapi Barcelona yang merupakan klub besar di Liga Spanyol. Menjadi lawan yang cukup berat untuk ditaklukan Olympique Lyonnais.

Namun dalam sepakbola apa saja bisa terjadi, apabila Lyon mampu memberikan performa terbaiknya, maka tim lawan akan dikalahkan dengan mudah.

Prestasi Olympique Lyonnais

Prestasi yang pernah didapatkan klub Olympique Lyonnais seperti berikut:

- Juara Ligue 1 tujuh kali berturut-turut, tahun 2001 – 2008
- Juara Piala Super Perancis tujuh kali
- Juara Piala Perancis 4 kali
- Juara Piala Liga 1 kali
- Juara Piala Intertoto 1 kali   

Prestasi yang sangat membanggakan berhasil diraih oleh Olympique Lyonnais. Tentu hal ini menjadikan masyarakat Lyon senang dengan hasil prestasi yang diraihnya, Dukungan penuh dari para supporter juga mempengaruhi hal itu. Banyak pihak yang menjadikan klub Olympique Lyonnais meraih kesuksesan dengan prestasi yang sudah pernah diraih.

Sebagai fans sejati klub Olympique Lyonnais, anda tentu harus mengetahui seluk beluk dari klub yang satu ini. Mulai dari sejarah berdirinya klub, prestasi, para pemain, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan klub Olympique Lyonnais.

Untuk menjadi fans sejati anda juga dapat melakukannya dengan cara menggunakan jersey Lyon. Dengan cara ini seringkali dilakukan oleh orang-orang yang menggemari klub sepakbola. Anda bisa membeli jersey Lyon di enkosa.com (Enkosa Sport).

Anda bisa mendapatkan jersey Lyon sesuai yang diinginkan. Disini anda juga bisa mendapatkan jersey keluaran terbaru Lyon.

Berbagai macam jersey lainnya juga bisa anda dapatkan, di Enkosa Sport menyediakan berbagai macam jenis jersey original. Selain itu, Enkosa Sport juga memberikan informasi menarik seputar sepakbola. Anda bisa melihatnya langsung jika ingin tahu seputar dunia sepakbola luar.

Informasi yang disajikan akurat dan juga tepat karena diambil dari sumber yang terpercaya. Harganya yang terjangkau, anda akan mendapatkan jersey yang berkualitas.

Detail Pemesanan

Sejarah Klub Olympique Lyonnais Wajib Kalian Ketahui
Sejarah Klub Olympique Lyonnais Wajib Kalian Ketahui
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya