BLANTERTOKOv105
6700739585096372729

Sejarah Klub Manchester United Yang Wajib Kalian Ketahui

  • Sejarah Klub Manchester United Yang Wajib Kalian Ketahui
  • Sejarah Klub Manchester United Yang Wajib Kalian Ketahui

Sejarah Klub Manchester United Yang Wajib Kalian Ketahui

Rp. 1
  • Blog
  • Sejarah Bola

Tambah Ke Keranjang Beli Sekarang

Sejarah Klub Manchester United Yang Wajib Kalian Ketahui

Siapa yang tidak kenal dengan klub Manchester United? Salah satu klub terseukses di liga Inggris ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta sepakbola. Manchester United merupakan klub raksasa yang sukses meraih banyak prestasi di berbagai kompetisi.

Hampir semua kompetisi pernah dijuarai oleh Manchester United seperti liga Inggris, liga Champions, Piala Liga, dan lalin sebagainya.

Klub berjulukan Setan Merah ini sempat mengalami kejayaan pada masanya dimana Manchester United menjadi klub yang sulit dikalahkan di berbagai kompetisi.

Hal itu tentu dipengaruhi oleh pelatih dan para pemain yang memiliki skill dan kualitas yang mumpuni. Sehingga bola mampu diolah dengan baik untuk menghancurkan tim lawan dengan mudah.

Manchester United juga memiliki banyak fans hingga ke seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Klub Setan Merah tersebut menjadi daya tarik masyarakat Indonesia, baik itu dilihat dari segi pemain, gaya permainan, pelatih, prestasi, dan lain sebagainya.

Setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka lebih suka mendukung Manchester United dibandingkan dengan klub besar lainnya.

Lihat juga: Sejarah Klub Olympique Lyonnais Wajib Kalian Ketahui

Akan tetapi, Manchester United di era sekarang sedang mengalami penurunan. Klub yang satu ini seringkali tidak tampil di kompetisi Liga Champions dan jarang memenangi liga Primer League. Harapan besar bagi pendukung MU agar mampu bangkit kembali seperti pada era kejayaan sebelumnya.

Sejarah Lengkap Manchester United

Pada tahun 1878, Manchester United memiliki nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway. Kostum yang digunakan masih bewarna hijau emas, tim tersebut bermain di lapangan kecil di North Road. Tim tersebut sudah memasuki kompetisi sepakbola semenjak didukung oleh banyak pihak.

Akan tetapi, pada tahun 1902, tim ini hampir mengalami kebangkrutan karena memiliki banyak hutang. Hingga lama kemudian, nama klub tersebut berubah menjadi Manchester Central. Namun ada usulan lain yang berpendapat untuk menamakan klub menjadi Manchester United. Pada 26 April 1902, nama Manchester United diresmikan. Untuk kostim yang digunakan berubah menjadi warna merah.

Ernest Mangnall ditunjuk menjadi sekretaris klub untuk menangani Manchester United agar bisa masuk ke divisi satu. Pencapaian tersebut masih belum bisa diwujudkan karena Manchester United berada di peringkat 5 divisi dua. Melihat itu, perubahan dilakukan dengan mendatangkan beberapa pemain seperti Moger, Johnk Picken, dan pemain lainnya.

Pada tahun 1905-06, Manchester United baru bisa menunjukan dirinya di kompetisi divisi pertama setelah berhasil menempati peringkat kedua divisi dua.

Pada musim pertamanya, Manchester United tampil cukup gemilang hingga menempati peringkat ke 8 divisi satu. Pada tahun 1908, Mancheseter United baru bisa mendapatkan gelar divisi satu yang pertama kalinya.

Membutuhkan waktu kurang lebih dua tahun untuk mendapatkan gelar juara kembali. Gelar divisi pertama kembali diraih pada tahun 2010-2011. Penurunan pun harus terjadi kembali di tahun 1922, yang membuat Manchester United harus turun ke divisi dua kembali.

Era Matt Busby

Matt Busby menjadi pelatih Manchester United pada tahun 1945 di Old Trafford. Ia menjadi sosok pelatih yang mandiri dengan semua hal yang ditentukan sendiri seperti pemain, pelatihan, dan lain sebagainya. Pertama yang direkrut oleh Matt Busby bukanlah pemain, namun asisten manajer untuk mengurus klub Manchester United.

Pencapaian dari Matt Busby akhirnya dapat diraih pada tahun 1947 – 1949 yang menempati posisi kedua liga. Sementara tahun 1948, Manchester berhasil menjuarai Piala FA. Beberapa peran penting dari Stan Pearson, Jack Rowley, Allenby Chilton memiliki andil yang besar untuk pencapaian Manchester United.

Pada tahun 1965 dan 1967, Manchester United berhasil memenangkan piala liga. Selain itu, Manchester United juga berhasil meraih gelar juara Champions Eropa setelah berhasil mengalahkan Benfica di laga final dengan skor telak 4-1.

Kemenangan tersebut menjadikan Manchester United sebagai tim pertama yang memenangi kompetisi tersebut. Beberapa pemain terbaik sepert Denis Law dan George Best menjadi pahlawan tim. Pada tahun 1969, Matt Busby akhirnya mengundurkan diri dan digantikan Wilf McGuinness.

Di tangan Wilf McGuinnes, Manchester United mengalami masa yang cukup sulit dengan mengawali berbagai kompetisi dengan hasil yang buruk. Melihat itu, Matt Busby kembali menangani Manchester United namun hanya beberapa bulan saja.

Perubahan pun terjadi secara signifikan, namun setelah meninggalkannya Manchester United harus mengalami penurunan kembali.

Era Sir Alex Ferguson

Pada tahun 1986, Sir Alex Ferguson menangani Manchester United untuk menggantikan Atkinson. Debutnya untuk pertama kalinya berhasil membawa Manchester United peringkat ke 11. Setelah itu, Manchester United mampu menempati peringkat kedua liga.

Pada tahun 1990 Manchester United berhasil meraih juara Winners Cup Eropa, dimana pada waktu itu klub Setan Merah berhasil mengalahkan Barcelona yang merupakan klub raksasa Spanyol.

Kejayaan terjadi di era Sir Alex Ferguson dengan meraih banyak prestasi. Pada tahun 1995-96, Manchester United berhasil meraih double sebanyak dua kali, sehingga klub tersebut mendapat sebutan “double double”. Eric Canton yang menjadi pemain andalan harus gantung sepatu di usianya yang ke 30 tahun.

Treble atau tiga gelar berhasil diraih Manchester United pada musim 1998-99. Dimana pada saat itu Manchester United menjuarai gelar Primer League, Piala FA dan Liga Champions. Pertarungan yang seru dilakukan Manchester united dimana harus bersaing dengan tim besar lainnya.

Pada kala itu, Manchester United bertemu dengan Bayern Munchen di laga final liga Champions dan berhasil mengalahkannya dengan skor tipis 2-1.

Sir Alex Ferguson terus memberikan prestasi bagi Manchester United dengan banyak gelar terus diraihnya. Pada tahun 2007, Manchester United kembali meraih gelar liga.

Hampir meraih kembali gelar Liga Champions di laga final, Manchester United harus tunduk di tangan Barcelona yang berhasil mengalahkannya dengan skor 2 – 0.

Pada era Sir Elx Ferguson benar-benar memberikan dampak yang baik bagi perkembangan Manchester United. Namun setelah kepergiannya, Manchester United mengalami performa yang menurun.

Bahkan saat ini Manchester United tidak tampil di kompetisi bergengsi Liga Champions. Performanya yang menurun menjadikan banyak fans yang kecewa dengan manajemen klub saat ini. Harapan besar dari fans Manchester United untuk kembali seperti sebelumnya untuk meraih banyak prestasi.

Bagi anda yang menjadi penggemar Manchester United tentu akan tetap mendukung dalam kondisi apapun. Anda juga harus tahu sejarah dari klub Manchester United sebagai fans sejati yang cinta dengan klub setan merah tersebut.

Sebagai fans sejati, anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan jersey Manchester United. Anda bisa mendapatkan jersey tersebut di enkosa.com.

Disini anda bisa mendapatkan jersey lama hingga terbaru secara lengkap. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dengan kualitas yang sangat baik.

Setidaknya anda memiliki satu jersey idola klub sepakbola jika benar-benar fans sejati, khususnya klub Manchester United. Anda tinggal mengunjungi website enkosa.com untuk mendapatkan jersey Manchester United sesuai yang diinginkan.

Detail Pemesanan

Sejarah Klub Manchester United Yang Wajib Kalian Ketahui
Sejarah Klub Manchester United Yang Wajib Kalian Ketahui
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya