Sejarah Klub Manchester City Yang Perlu Kalian Ketahui

Sejarah Klub Manchester City Yang Perlu Kalian Ketahui
Sejarah Klub Manchester City Yang Perlu Kalian Ketahui


Manchester City merupakan salah satu klub tersukses di Inggris. Semenjak ditangani Pep Guardiola, Manchester City menjadi klub yang menakutkan untuk klub besar lainnya. 

Di kompetisi liga Inggris, Manchester City mampu menjadi juara untuk akhir-akhir musim ini mengalahkan klub besar lainnya seperti Manchester United, Arsenal, Liverpool dan klub lainnya.

Bukan itu saja, Manchester City juga menjadi pesaing berat di kompetisi Liga Champions. Melihat perkembangannya yang begitu pesat, Manchester City semakin banyak memiliki fans, baik itu dari dalam Negeri maupun luar Negeri. 

Khususnya di Indonesia yang banyak suka dengan klub Manchester City. Pep Guardiola mampu mengubah Manchester City dengan gaya permainannya yang khas.

Manchester City juga terkenal sebagai klub yang mampu memberikan jebolan para pemain berkualitas. Munculnya para pemain muda berbakat dilatih di Manchester City untuk menjadi pemain yang hebat. Sangat menarik jika anda mengetahui seluk beluk dari klub Manchester City ini.

Sejarah Lengkap Manchester City


Sejarah yang cukup unik lahirnya klub Manchester City dimana ada sosok wanita yang berperan adanya klub tersebut. Anna Connel merupakan sosol dibalik adanya klub Manchester City dimana pada saat itu ia berinisiatif untuk membentuk asosiasi yang mendorong orang-orang untuk melakukan olahraga. Olahraga saat itu ditujukan untuk mengurangi kejahatan pengangguran yang melanda Manchester.

Pada tahun 1868 terbentuklah tim kriket dimana terdapat para pemain sepakbola yang mulai mengalami kepopuleran. Pada tahun 1880, wanita tersebut membentuk klub sepakbola bernama St.Marks. 

Ia menjadi satu-satunya wanita yang membentuk sepakbola di Inggris. Pada tahun 1887 terjadi perubahan nama klub menjadi Ardwick A.F.C yang bermarkas di Hyde Road, Ardwick.

Kompetisi dilakukan klub Ardwick di divisi dua, perputaran terus terjadi hingga klub tersebut mengalami kondisi keuangan yang menurun. Perubahan nama pun terjadi kembali menjadi Manchester City Football Club.

Pada tahun 1894, manajemen sepakbola ditata ulang oleh Yosua Parlby yang merekrut Billy Meredith. Klub ini berkembang pesat hingga tahun 1895 sudah bisa menarik pendukung hinga 20.000 orang. Tentu hal ini menjadikan Manchester City lebih semangat untuk membangkitkan sepakbola menjadi lebih maju.

Manchester City berhasil meraih juara divisi dua pada tahun 1899, sehingga membuat klub tersebut mendapatkan promosi untuk bertarung di divisi 1. 

Pada tahun 1904, Manchester City mencatatkan namanya dengan mengoleksi gelar setelah mengalahkan Bolton Wanderers dengan skor 1 – 0 kompetisi Piala FA. 

Mancheseter City hampir saja meraih dua gelar sekaligus pada saat itu karena mendapatkan posisi runner up di divisi pertama. 

Periode 1928 – 1965

Manchester City sudah menjadi klub sepakbola professional yang menjadi penantang serius bagi klub-klub lainnya. Pada tahun 1930 an, para pesepakbola dengan kualitas terbaik masuk skuad klub Manchester City. 

Beberapa diantaranya seperti Matt Busby yang sempat menangani Manchester United, Frank Swift yang merupakan penjaga gawang terbaik sepanjang masa, dan lain sebagainya.

Pada saat itu, Cowan menjadi kapten Manchester City yang mampu membawa klubnya masuk ke final pada tahun 1933 menghadapi Everton. Cowan menjadi pemain terbaik di kala itu yang memiliki kemampuan luar biasa.

Banyak medali yang sudah diraih klub Manchester City, hingga klub lain banyak yang berusaha untuk menakhlukan klub tersebut. Akan tetapi, Manchester City masih tampil dengan sangat baik dan menjadikannya salah satu klub terbaik liga Inggris.

Perlu anda ketahui, Manchester City merupakan salah satu klub yang paling sering menyabet gelar Piala FA. Pada tahun 1934, Manchester City berhasil mengalahkan Partsmouth di laga final berkat kapten tim Cowan yang mampu membawanya menang dengan skor tipis 2-1. 

Pada saat itu, kapten tim memiliki peran yang sangat penting karena dapat bertindak sebagai manajer sekaligus.

Setelah kemenangan Piala FA, Manchester City harus mengakhiri liga di urutan keempat pada musim 1934-35. 

Pada saat itu Manchester City kalah atas Totenham dengan skor tipis 1-0. Dan pada musim berikutnya penurunan kembali terjadi hingga posisi sembila di kompetisi liga.

Manchester City pertama kalinya meraih gelar liga yaitu pada tahun 1937, sebelumnya sempat menjadi runner up dua kali pada musim 1904-05 dan musim 1920-21. 

Manchester City keluar sebagai juara yang mampu mencetak 100 gol dan tidak pernah terkalahkan selama 22 pertandingan liga.

Periode 1965 – 2001

Pada tahun 1965, Manchester City mengalami perubahan semenjak ditangani oleh Joe Mercer dan Malcolm Allison sebagai manajer klub. Manchester City kembali meraih juara divisi dua dan berhasil memasuki divisi satu kembali. 

Hingga tahun 1967, klub tersebut menjuarai langsung divisi pertama setelah mengalahkan Manchester United dengan skor 4-3.

Bukan itu saja, Piala FA juga kembali diraih pada tahun 1968-69, beberapa tim ternama seperti Leichester City dikalahkan pada waktu itu. Prestasi yang diraihnya menjadikan Manchester City berhasil mengambil tiket Piala Winners UEFA tahun 1969-70. 

Bahkan pada waktu itu, Manchester City menjadi klub pertama Inggris yang berhasil menjuarai dua piala domeastik dan Eropa.

Prestasi demi prestasi terus diraih Manchester City, pada tahun 1976 klub tersebut kembali menjuarai piala liga. Bahkan Manchester City selalu berlaga di kompetisi paling bergengsi Liga Champions.

Meski begitu, masa-masa sulit juga terus saja terjadi bagi klub Manchester City. Prestasi yang dialami naik turun hingga tahun milenial.

2001 – Sekarang

Pada era milenial, Manchester City menunjuk Kevin Keegan untuk menangani klub yang satu ini. Namun di eranya tidak membuat Manchester City naik ke divisi pertama kembali dan mengharuskan manajer baru mengisinya kembali. 

Stuart Pearce ditunjuk untuk menjadi manajer sementara berhasil membawa Manchester City peringkat 6 di kompetisi liga utama. Akan tetapi, penampilannya kembali menurun di musim berikutnya.

Keperkasaan Manchester City mulai muncul semenjak ditangani oleh Eriksson, dimana pelatih tersebut mampu membawa klub Manchester City di zona piala UEFA. Meski begitu, hal tersebut tidak sesuai yang diharapkan. 

Manchester City baru bisa menjuarai Liga Utama Inggris pada taun 2008-2009 semenjak dilatih oleh Hughes. Masa kepelatihannya hanya bertahan sampai 2009 dan kemudian digantikan Roberto Manchini.

Pada era roberti Manchini, Manchester City berhasil menjuari piala FA. Pada tahun 2011-12 Manchester City kembali menjadi juara. 

Untuk saat ini, Manchester City juga sedang pada masa jayanya di bawah asuhan Pep Guardiola yang mampu membawa juara liga Primer League dan selalu tampil di kompetisi Liga Champions.

Bagi anda yang ngefans dengan klub Manchester City, anda bisa menggunakan jersey kebanggaan klub yang disukai. 

Untuk mendapatkan jersey Manchester City, anda bisa membelinya di enkosa.com. Enkosa Sport menyediakan berbagai jenis jersey original, khususnya untuk klub Manchester City.

Untuk masalah harga tidak usah khawtir, anda akan mendapatkan harga spesial dengan kualitas yang sangat baik. Pastinya anda tidak akan menyesal bila membeli jersey di enkosa.com.

Posting Komentar untuk "Sejarah Klub Manchester City Yang Perlu Kalian Ketahui"