BLANTERTOKOv105
6700739585096372729

Sejarah Klub Juventus Lengkap yang Wajib Kamu Tahu

  • Sejarah Klub Juventus Lengkap yang Wajib Kamu Tahu
  • Sejarah Klub Juventus Lengkap yang Wajib Kamu Tahu

Sejarah Klub Juventus Lengkap yang Wajib Kamu Tahu

Rp. 1
  • Blog
  • Sejarah Bola

Tambah Ke Keranjang Beli Sekarang

Sejarah Klub Juventus Lengkap yang Wajib Kamu Tahu

Juventus merupakan salah satu klub Italia yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Klub yang satu ini seringkali dijuluki dengan sebutan Juve. Juventus menjadi salah satu klub raksasa Italia yang mampu bersaing dengan klub-klub besar lainnya di Eropa.

Bahkan Juventus menjadi salah satu klub besar yang tidak boleh diremehkan. Berbagai macam prestasi sudah banyak diraih oleh klub yang satu ini.

Terkenalnya Juventus tentu bukan hanya karena prestasi saja, ada hal lain yang menjadikan banyak orang suka dengan klub yang satu ini. Beberapa diantaranya gaya permainan yang dimainkan Juventus, para pemain yang memiliki skill hebat, dan berbagai hal lainnya yang dapat membuat orang lain menggemari Juventus. Anda juga memiliki alasan tersendiri mengapa suka dengan klub yang satu ini.

Penggemar Juventus juga banyak yang berasal dari Indonesia. Banyak dari mereka menyukai klub yang satu ini hingga membentuk fans Juventus yang dari Indonesia. Fans tersebut nantinya sering mengadakan perkumpulan untuk nonton bersama atau membuat klub sepakbola sendiri dengan nama fans Juventus.

Sejarah Klub Juventus

Juventus didirikan pada tahun 1897, pada awalnya klub yang satu ini dijuluki dengan sebutan Sport Club Juventus. Nama tersebut didirikan oleh siswa dari sekolah Massimo D’Azeglio Lyceum, di Turin. Awalnya klub ini hanyalah klub biasa sebagai wadah untuk anak-anak yang saling berteman dan melakukan berbagai hal yang positif. Anak-anak tersebut memiliki umur antara 15 sampai 17 tahun.

Para pemuda tersebut mulai berpikir bagaimana caranya untuk menemukan markas baru. Enrico Cafari yang merupakan pendiri Juventus menemukan sebuah tempat dengan halaman yang dikelilingi sebuah tembok.

Lihat juga: Sejarah Klub Manchester City Yang Perlu Kalian Ketahui

Disitulah mulai memunculkan ide untuk memberikan nama sebuah klub. Terdapat tiga nama yang terpilih untuk peresmian nama klub tersebut yaitu Societa Sportive Massimo D’Azeglio, Societa Via Port, dan Sport Club Juventus.

Sport Club Juventus menjadi nama klub yang dipilih. Namun tidak lama berselang, nama tersebut berubah menjadi Football Klub Juventus. Klub yang satu ini akhirnya mengikuti kejuaraan sepakbola pada tahun 1900. Hingga tahun 1904, ada seorang pebisnis yang bernama Ajmone Marsan mengambil aspek keuangan Juventus.

Pada tahun 1906, terdapat staf Juventus yang ingin memindahkan klubnya dari Kota Turin. Melihat itu, Presiden klub tidak setuju dengan keputusan yang dilakukannya. Pada saat itu mulailah terbelah dan beberapa pemain hengkang untuk membentuk klub baru bernama Torino. Hingga saat ini, pertemuan antara Juventus menghadapi Torino sering dijuluki sebagai derby della mole.

Dominasi Liga

Pada tahun 1923, pemilik FIAT mengambil alih Juventus dan langsung membangun stadion baru. Hingga pada saat itu, Juventus mampu meraih gelar juara liga yang kedua pada tahun 1925-26. Prestasi yang membanggakan diraih Juventus, hingga pada tahun 1930 an, Juventus menjadi salah satu klub professional Italia yang pertama di negaranya. Bahkan Juventus sempat meraih gelar juara lima kali berturut-turut pada tahun 1930 – 1935.

Selain itu, skuat Juventus juga memberikan kontribusi besar bagi Timnas Italia yang mampu membawanya menjadi juara dunia pada tahun 1934. Prestasi yang diraih tak luput dari pemain hebat di dalamnya seperti Raimundo Orsi, Luigi Bertolini, Giovanni Ferrari, dan Luis Monti. Juventus memiliki pesaing ketat yang menjadi skuat tim besar pada waktu itu, yaitu Torino.

Pada 1944, Juventus sempat bertemu dengan Torino dan berhasil menghajarnya dengan skor tipis 2-1. Dimana Juventus berhasil mengakhiri musim pada waktu itu sebagai juara Liga.

Tahun 1945 Presiden Italia mengalami perubahan yaitu dipimpin oleh Gianni Agneli yang mampu membawa perubahan besar pada Juventus. Beberapa pemain baru didatangkan ke klub. Alhasil Juventus mampu meraih gelar juara Liga pada 1949-50 dan 1951-52. Juventus kembali mengalami penurunan dan menjadikannya untuk mengganti Presiden baru kembali yaitu Puppu yang memiliki komitmen untuk bangkit.

Para pemain asing juga didatangkan langsung ke klub, seperti John Charles dan Omar Sivori yang berasal dari Argentina. Alhasil Juventus mampu meraih prestasi yang begitu mengejutkan dengan menjuarai 10 gelar juara Liga. Mereka pun menjadi klub Italia yang meraih rekor pertama. Pada saat itu juga, Sivori menjadi pemain terbaik Eropa.

Juventus sudah berhasil mendapatkan banyak gelar. Bahkan hingga saat ini, Juventus terus menancapkan prestasinya di Liga Italia. Juventus mampu menjadi pesaing ketat klub-klub Eropa lainnya dalam turnamet bergengsi apapun.

Pentas Eropa

Juventus meraih prestasi terbaiknya sejak tahun 1980 an dimana Juventus berhasil meraih 4 kali gelar Seria A bersama Trapattoni sebagai pelatih Juventus. Bahkan TImnas Italia merekrut sebanyak 6 pemain Juventus untuk memperkuat di kompetisi Piala Dunia. Alhasil, juara Piala Dunia diraih Italia pada tahun 1982.

Pada saat itu, Paolo Rossi menjadi pemain Juventus yang mampu menarik perhatian banyak orang dengan kemampuannya mencetak gol ke gawang lawan. Pada tahun 1982, Paolo Rossi berhasil meraih gelar sebagai pemain terbaik Eropa dan meraih penghargaan sebagai Player of the Tournament.

Klub yang satu ini menjadi salah satu favorit para penggemarnya di liga Seria A Italia. Dimana Juventus mampu meraih juara beruntun Liga Italia. Namun Juventus juga pernah mengalami kegagalan menjuarai Liga Italia demi prestasinya di kompetisi Liga Champions. Pada saat itu, Juventus gagal meraig gelar Liga Italia dengan selisih 3 poin dari Roma yang menempati puncak klasemen.

Pada saat itu, Juventus berhasil memasuki final Liga Champions, hanya saja Juventus gagal meraih gelar juara setelah kalah atas Hamburg. Juventus hanya bisa meraih gelar Piala Italia dann Piala Interkontinental.

Juventus mulai mengalami penurunan pemain, seperti Dino Zoff yang gantung sepatu di usianya yang ke 41 tahun. Namun beberapa pemain berpotensi kembali didatangkan untuk memperkuat klub Juventus. Klub Nyonya Tua ini baru bisa meraih gelar Liga Champions pada tahun 1985 di partai final berkat gol tunggal Platini.

Namun sangat disayangkan, dibalik kemenangannya, terdapat 39 suporter yang tewas akibat bentrok dengan supporter Liverpool. Alhasil Liverpool dikenai sanksi untuk tidak mengikuti ajang tournament Eropa selama lima tahun.

Platini yang menjadi kunci kemengan Juventus pada kala itu juga berhasil meraih gelar sebagai pemain terbaik Eropa. Platini meraih penghargaan tersebut selama 3 kali berturut-turut yang belum bisa dipecahkan sampai saat ini.

Pada tahun 1985-86, Juventus berhasil meraih gelar scudetto yang merupakan tahun terakhir Trapattoni sebagai Presiden di Juventus. Semenjak kepergiannya, Juventus harus mengakui kehebatan klub besar lainnya seperti Napoli, AC Milan dan Inter Milan. Dimana terdapat beberapa pemain hebat seperti Diego Maradona yang menyandang gelar pemain terbaik pada kala itu.

Itulah beberapa informasi mengenai sejarah dari klub Juventus yang dapat kami sampaikan. Sebagai fans sejati Juventus, anda pastinya harus mengetahui sejarah dari klub tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda terima kasih.

Detail Pemesanan

Sejarah Klub Juventus Lengkap yang Wajib Kamu Tahu
Sejarah Klub Juventus Lengkap yang Wajib Kamu Tahu
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya