Gooners Sejati Harus Tahu Sejarah Klub Arsenal Raksasa Liga Inggris


Gooners Sejati Harus Tahu Sejarah Klub Arsenal Raksasa Liga Inggris
Sejarah Klub Arsenal

Arsenal adalah salah satu klub yang berasal dari Negara Inggris atau klub yang tergabung dalam Liga Primer League. Klub yang satu ini juga tak kalah terkenal dengan beberapa klub lainnya.

Ada banyak pemain yang mampu menjadikan Arsenal mencapai kejayaannya. Pemain-pemain itu juga berperan penting pada klub Arsenal yang menjadikannya mencapai ketenaran hingga saat ini.

Banyaknya prestasi yang diraih Arsenal menjadikan dirinya sebagai klub kelas atas yang patut diacungi jempol.

Arsenal mampu bersaing dengan klub-klub besar lainnya di kompetisi apapun. Bahkan Arsenal seringkali menjadi kendala berat bagi klub lainnya karena sulit ditakhlukan. Gaya permainan yang ciri khas juga menjadikan Arsenal sebagai salah satu tim yang sangat baik.

Arsenal juga dikenal sebagai salah satu klub yang mampu mendatangkan pemain-pemain berpotensi. Pemain jebolan Arsenal seringkali diburu oleh klub-klub besar seperti Barcelona, Real Madrid, Manchester United, dan masih banyak klub lainnya.

Selain pemain yang berpotensi, ada juga pelatih yang memiliki peran penting dalam kejayaan Arsenal.

Pelatih menjadi faktor penting terbentuknya pemain-pemain yang berpotensi dalam mengolah si kulit bundar. Ada banyak pelatih yang sudah berperan penting bagi kejayaan klub Arsenal.

Selain itu, Arsenal juga banyak penggemarnya baik dari dalam Negeri maupun Luar Negeri, salah satunya di Indonesia.

Ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyukai klub arsenal, baik itu dilihat dari gaya permainannya, prestasi, atau hal lainnya. Pada intinya mereka memiliki alasan lain lebih memilih klub Arsenal dibandingkan klub lainnya.
\

Sejarah Klub Arsenal


Arsenal didirikan di sebuah daerah bernama Woolwich, bagian tenggara Kota London pada tahun 1886 dengan nama Dial Square. Setelah itu, namanya berubah mpada tahun 1891 menjadi Royal Arsenal dan berganti kembali menjadi Wolwich Arsenal.

Klub yang satu ini mengalami kepindahan pada tahun 1913 ke wilayah utara, daerah Highbury. Disini Arsenal membangun sebuah Stadion Highbury.

Semenjak kepindahannya ke Highbury, klub tersebut berubah namanya menjadi Arsenal dengan menghapus bagian depannya saja. Arsenal berdekatan dengan klub Totenham Hotspur yang menjadikan suatu derby Kota London. Pertemuan keduanya pastinya menghasilkan laga seru.

Arsenal baru saja mengalami kejayaan dibawah kepelatihan Herbert Chapman yang melatih pada tahun 1925 – 1935.

Beberapa prestasi diraih oleh pelatih tersebut dengan menjuarai berbagai kompetisi domestic seperti Piala FA, Titel Liga Utama, Charity Shield dan lain sebagainya. Prestasi Eropa terbaik baru bisa diraih Arsenal pada taun 1970 an di ajang Fairs Cup.

Arsenal juga menjadi juara dengan menambah gelar liga Inggris pada tahun 1989 dan Piala Liga pada tahun 1987. Berbagai macam prestasi terus diraih oleh Arsenal hingga mencapai kejayaannya.

Arsenal juga berhasil mengembangkan pemain-pemain berbakat yang menjadikan banyak klub-klub besar tertarik untuk merekrutnya.

Salah satu pemain yang berperan besar untuk Arsenal adalah Thiery Henry yang berhasil memecahkan rekor untuk klubnya, yakni mencetak 228 gol selama karirnya di Arsenal dalam kompetisi apapun. Namanya kini banyak dikenang oleh orang-orang, khususnya untuk klub Arsenal sendiri.

Kedatangan Arsene Wenger

Arsenal sempat mengalami keterpurukan dengan puasa gelar bertahun-tahun. Namun semenjak munculnya Arsene Wenger menjadikan Arsenal kembali berjaya dan menjadi pesaing berat klub papan atas lainnya.

Pada kala itu, Manchester United yang selalu berada di puncak klasemen Liga Inggris mampu disingkirkan Arsenal yang dapat menempati peringkat pertama Liga Inggris.

Pada kala itu, Arsenal menjadi juara pada tahun 1997-1998 sebagai juara Liga Inggris dan Piala FA. Bahkan di tahun 2000, Arsenal menjadi runner up di kompetisi UEFA setelah kalah melawan Galatasaray melalui adu pinalti.


Rekor dicapai oleh Arsenal yang tidak pernah kalah dalam 49 pertandingannya. Pada saat itu, rekor dipegang oleh Preston Nort End yang mampu mengalahkan 18 kali tak terkalahkan sepanjang sejarah sepakbola Liga Inggris.

Piala FA pun kembali diraih oleh Arsenal pada tahun 2004-2005 yang menjuarainya melalui adu pinaltif. Semenjak itu, Arsenal mengalami penurunan dengan puasa gelar selama 9 tahun. Pada tahun 2018, Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk hengkang dari kepelatihannya dan digantikan manager barunya yaitu Unai Emery.

Kedatangan Arsene Wenger memberikan warna baru bagi Arsenal karena bisa menghasilkan pemain-pemain yang berpotensi. Banyak dari klub-klub besar yang mengambil pemain berkualitas Arsenal seperti halnya Henry yang dibeli oleh klub raksasa asal Spanyol, Barcelona.

Stadion Arsenal

Pada awalnya, Arsenal memiliki Stadion utamanya yang berada di Selatan-Timur London, yakni Highbury, Tanah Manor di Plumstead. Awalnya hanyalah sebuah lapangan biasa saja yang digunakan untuk pertandingan sepakbila oleh banyak orang.

Kurang lebih selama 20 tahun, Arsenal menghasbikan waktunya di Highbury dan baru pindah ke London Utara pada tahun 1913.

Pada tahun 2006, Arsenal telah membuat stadion barunya yang dikenal hingga saat ini yaitu Emirates Stadium. Stadion tersebut berkapasitas 60.500 kursi dan terletak di Ashburton Grove.

Para pemain Arsenal melatih di pusat pelatihan Shenley di Hertfordshire, fasilitas yang dibuka pada tahun 1999. Arsenal kini sudah memiliki stadion utama yang bernama Emirates Stadium sebagai laga kandang klub Arsenal.

Rekor dan Statistik Klub Arsenal

Melalui perhitungan yang sudah dilakukan, Arsenal berada di peringkat ketiga bila dilihat dari jumlah kejuaraan liga yang diperolehnya. Di urutan pertama adalah Manchester United yang menyandang 20 gelar, kemudian Liverpool yang menyandang 18 gelar, dan Arsenal yang menyandang 13 gelar.

Selain itu, Arsenal juga memenangkan piala FA dua kali beruntun [ada tahun 2002 – 2003, dan 2014. Arsenal juga mencapai tiga dan piala FA doubles pada tahun 1971, 1998, dan 2002. Arsenal menjadi salah satu klub yang pertama di sepakbola Inggris yang menyelesaikan Piala FA dan Piala Liga Ganda pada 1993.


Arsenal menjadi klub pertama di Inggris yang berhasil masuk ke final Liga UEFA setelah kalah di laga final melawan FC Barcelona dengan skor tipis 2-1. Arsenal mencetak rekor pada musim 2005 – 2005 dengan pergi tanpa kebobolan selama 10 pertandingan.

Thierry Henry adalah pencetak gol terbanyak selama penampilannya di Arsenal di semua kompetisi yang dijalankan. Henry mampu mencetak total 228 gol sejak tahun 1999 – 2012 menyalip rekor dari Wright yang sebelumnya menjadi pencetak gol terbanyak untuk klubnya.

Selain itu, rekor juga dipecahkan oleh Henry yang memegang rekor klub untuk gol yang dicetak di kompetis Liga, yakni dengam mengoleksi 175 gol.

Itulah beberapa informasi mengenai sejarah dari klub Arsenal. Sebagai fans sejati Arsenal, pastinya anda harus memahami seluk beluk dari klub tersebut.

Beberapa diantaranya seperti berdirinya Arsenal, nama Stadion, kostum yang digunakan, dan masih banyak hal lainnya yang harus anda ketahui seputar klub Arsenal.

Dengan begitu, anda benar-benar menjadi fans sejati klub Arsenal. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Gooners Sejati Harus Tahu Sejarah Klub Arsenal Raksasa Liga Inggris"