Sejarah Liga Inggris Lengkap Untuk Pecinta Bola

Sejarah Liga Inggris Lengkap Untuk Pecinta Bola
Sejarah Liga Inggris Lengkap Untuk Pecinta Bola

Sejarah Liga Inggris – Berdasarkan sumber yang kami dapatkan bahwa liga Inggris merupakan liga terbesar dengan jumlah pengikutnya sekitar 20 klub yang menerapkan sistem promosi dan degradasi dengan English Football League, berarti Premier League ini sendiri adalah perusahaan yang didalamnya terdapat beberapa peserta yang memegang saham dengan kompetisi yang dimainkan dari bulan Agustus sampai mei.

Terdiri dari 38 pertandingan untuk setiap musim dengan pembagian 19 pertandingan dilakukan di kandang dan 19 pertandingan lainnya adalah tandang. Ini berarti kompetisi pada liga inggris didirikan pada awal FA Premier League ‘ Liga Utama Inggris ‘ pada tahun 1992 dan beberapa club yang sudah bergabung sejak didirikan pada tahun 1888 memilih untuk memisahkan diri dari Devisi Pertama Liga inggris yang kemudian bisa mengambil keuntungan dari promosi serta hak siar televisi.

Pada tahun 2013 – 2014, kesepatakan ini mengeluarkan uang dengan total 1 milliar Pondsterling yang mana untuk pemegang hak domestik terbesar di pegang oleh Sky dan BT Group dengan msing-masing menyiarkan sekitar 116 pertandingan dan 38 pertandingan.

Sehingga pada waktu itu, dari 22 klub yang bertanding di musim pertama sudah bisa menghasilkan sekitar 2.2 Poundsterling untuk setiap tahunnya sebagai keuntungan dari hasil bagi domestik dan internasional.

Pada waktu itu, liga Inggris menjadi salah satu liga dengan jumlah penonton paling banyak di seluruh dunia dengan jumlah 643 juta penonton yang disiarkan lebih ke 212 wilayah di seluruh dunia, penonton liga ini masih diprediksi akan bertambah banyak kembali dengan potensi mencapai 4.7 Miliar yang artinya mayoritas sudah mendekati peringkat kedua berdasarkan pencapaian kompetisi di Liga UEFA diakhir musim tahun 2019.

Perlu untuk anda ketahui juga kalau sampai saat ini sudah ada sekitar 49 tim yang sudah bermain sepanjang penyelenggaraan dan pembagiannya 47 tim ini berbasis di Inggris serta yang 2 tim ini berasal dari Negara Wales .

Lihat juga: Negara Penemu Olahraga Sepak Bola

Sejarah Lengkap Liga Inggris

Penting untuk anda ketahui kalau liga ini termasuk ke dala daftar liga paling populer dengan kompetisi paling tertua di seluruh dinia karena sudah di mulai sejak tahun 1888 dan menjadi kasta utama di Inggris yaitu Premier League.

Sedangkan untuk format baru dari setiap kompetisi mulai ada pada tahun 1992 yang mana kompetisi tersebut bernama Football League First Division atau disebut dengan devisi utama.

Tidak semudah yang anda bayangkan dalam proses pembentukan liga Inggris ini, butuh waktu yang lama dan bertahap mulai dari abad ke 19 sampai sekarang ini, awal mulanya Liga ini masih memakai format lama dalam menyelenggarakan kompetisi, hingga pada era perang dunia II mengalami perubahan ke era Premier League dan menjadi titik awal berdirinya liga inggris yang sekarang ini.

Secara history, setiap negara berhak untuk mengklaim bahwa negara mereka yang menciptakan olahraga sepak bola, ini terbukti pada abad ke 19, Inggis mengklaim kalau olahraga sepak bola ditemukan pertama kali di negara Inggris dan kemudian dikembangkan menjadi Populer, meskipun sejarah sendiri menyatakan kalau pada saat itu sepakbola berasal dari Dinasti Han dan mulai berkembang ke benua Eropa.

Secara umum, berdasarkan informasi yang didapatkan, klub sepak bola pertama yang waktu itu didirikan di Inggris bernama Sheffiekd FC yang sudah ada sejak tahun 1857 dan termasuk salah satu klub sepak bola paling tua sampai saat ini, kemudian barulah muncul klub-klub liga baru yang mulai anda kenal sampai detik ini.

Aturan dala permainan sepak bola liga Inggris cukup seragam dengan tujuan menciptakan permainan yang baku dan bisa dipakai di mana-mana, akhirnya pada tahun 1863 muncullah sebuah organisasi bola yang bernama Football Association atau FA, organisasi ini merupakan faderasi sepak bola Inggris yang pertama dan sudah pernah menggelar kompetisi di tahun 1871.

Kalau anda pikir federasi ini sudah mati itu salah, sampai hari ini juga FA masih aktif menyelenggarakan pertandingan dari berbagai kompetisi bergengsi dan dicatat sebagai turnamen tertua di seluruh dunia.

Jadi timnas inggris yang anda lihat sekarang ini bukan terbentuk beberapa tahun, namun sudah ratusan tahun yang lalu. Pertandingan utama yang dicatat untuk timnas Inggris melawan Skotlandia terjadi pada tahun 1870.

Memang pada awal mulanya permainan sepak bola ini hanya dimainkan untuk tingkat yang masih amatir, sedangkan untuk tingkat profesional pada masa itu masih belum ada di Inggris hingga muncul beberapa klub dan tim penting yang berkelas sampai detik ini.

Pada waktu itu, terjadi pro dan kontra yang mana tim profesional mulai diperbolehkan oleh FA yang kemudian bisa mendorong terbentuknya beberapa liga baru yang bisa anda kenal saat ini.

Kompetisi yang semakin besar di Inggris mengharuskan pembentukan ligak sepak bola tahap reguler agar pertandingan dari setiap turnamen bisa dikontrol dengan baik, hingga pada awal tahun 1888 terbentuklah kompetisi baru yang dinamakan dengan Football League yang pada saat itu dibentuk oleh direktur Aston Villa, William McGregor dan waktu itu juga memiliki sekitar 12 klub mulai dari Notts County, Stoke City, West Bromwich, Preston North End, Bolton Wanderes, Aston Villa, Derby Conty, Blackburn Rovers, Burnly, dan Derby County.

Selama pembentukan ini membawa liga Inggris semakin berkembang, tidak butuh waktu yang lama mulai dari tahun 1906 – 1906 sudah berhasil mengumpulkan setidaknya 40 klub yang bergabung dan dibagi menjadi dua devisi.

Penting juga untuk anda ketahui kalau Liga Inggris sempat dihentikan pada masa perang dunia pertama dan kemudian setelah usia harus dihentikan kembali karena perang dunia ke dua antara tahun 1939 – 1946.

Pada akhir musim di tahun 1991 – 1992 terhadi perubahan proposal yang diajukan untuk membentuk liga baru dengan mendatangkan keuntungan yang lebih banyak lagi, hingga di tanggal 17 Juli 1991, The Founder Members Agremenet disetujui untuk membentuk liga baru oleh FA dan dari situlah mereka bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar di hak siar TV Sky Sports dan beberapa sponsor lainnya.

Ini ini juga berdampak baik untuk perkembangan setiap klub premier League yang jelas semakin kaya dengan mampu bersaing dengan klub Eropa lainnya.

Tentu ini menjadi kabar baru untuk anda yang mengidolakan klub dari liga Inggris, tidak ada salahnya juga untuk memiliki jersey asli dari setiap klub yang bergabung dengan liga Inggris.

Tidak perlu membeli online di situs luar, cukup datang ke Toko Enkosa Sport Toko Jersey Tanah Abang, Jakarta. Disana anda bisa menemukan berbagai macam jersey pilihan sesuai dengan tim favorit anda.

Sampai disini dulu informasi dari kami mengenai sejarah lengkap Liga Inggris yang perlu anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Sejarah Liga Inggris Lengkap Untuk Pecinta Bola"