Sejarah Liga 1 Indonesia Yang Jarang diketahui Pecinta Bola


Sejarah Liga 1 Indonesia Yang Jarang diketahui Pecinta Bola
Sejarah Liga 1 Indonesia Yang Jarang diketahui Pecinta Bola

Sebagian besar pecinta sepak bola Indonesia cukup minim informasi terkait dengan sejarah Liga 1 Indonesia yang sebenarnya pada waktu itu memiliki nama Indonesia Super League atau bahasa Indonesianya “ Liga Super Indonesia “ yang termasuk ke dalam liga profesional dalam sepak bola Indonesia.

Dalam pembentukan pertama kalinya, ada 18 club yag saling bertanding dan ingin mendapatkan promosi di Liga 1 Indonesia. Bagi anda yang belum tahu pembentukan Liga Indonesia dimulai dari PT. Liga Indonesia Baru yang menjadi operator resmi liga dan sudah memegang sekitar 18 Klub sepak bola saat ini.

Berdasarkan dari jadwal pertandingan yang sudah di rencanakan, ada sekitar 34 pertandingan yang dimulai dari bulan Maret sampai November, artinya setiap peserta yang ikut dalam pertandingan liga ini bisa bermain secara kandang dan juga tandang ( Home and Away ).

Kompetisi dari liga ini sebenarnya sudah terbentuk sejak tahun 2008 lalu oleh PSSI atau “ Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia “ yang mewujudkan kompetisi pertama di Indonesia. Penggunaan dana sebagai biaya kompetisi ini masih memakai APBD dan ada sekitar 32 klub baru yang berpartisipasi dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI ini sejak tahun 2008 lalu.

Sejarah Liga 1 Indonesia


Awal mula pelaksanaan liga satu ini dikemukkan pada tahun 2007 sebagai upaya baru untuk menyiapkan pesepak-bolaan Nasional yang benar-benar profesional di kelasnya.

Alasannya tentu berhubungan dengan pertandingan dalam sepak bola Indonesia yang seringkali kacau dan tingginya ketegangan dalam pertandingan, jika hal ini dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan kerusuhan.

Bila lihat dari jumlah tim yang ada sekitar 36 tim sepakbola yang bertanding, inilah yang dikhawatirkan oleh pihak PSSI jika tidak ada naungan dari liga sendiri, besar kemungkinan banyak kekacauan yang bakal terjadi.

Dalam pembentukan liga 1 Indonesia ini dilaksanakan belum lama ini, yaitu pada tahun 2008 lalu dan prosedur untuk pembentukan jelas harus sesuai standar FIFA yang mana menyatakan pada saat itu memberikan syarat terbuka untuk semua negara dalam proses pembentukan Liga harus memenuhi syarat seperti anggota minimal paling sedikit adalah 18 klub dan diharapkan semua klub yang bergabung harus profesional dari segi apapun dan dibandu dari dana APBD pemerintah sampai hari ini.

Sehingga pada tahun 2017 lalu, kompetisi sepak bola Indonesia ini berganti nama Liga 1 yang sebelumnya bernama Indonesia Super League dibawah kepemimpinan Edy Rahmayadi ketua PSS1 yang baru. Pada awal musim kompetisi, salah satu Ecommerce terbesar di Indonesia yaitu Traveloka turut ambil bagian dalam sponsor pertandingan, namun di tahun 2018 sudah berhenti dan digantikan oleh GO-JEK dan Bukalapak.

Format kompetisi dari Liga satu ini berdasarkan dari satu wilayah yang mana sebelum akhir tahun 2007 ada formt dua wilayah. Pertaa untuk pemenang bisa ditentukan dari jumlah poin yang nilai maksimal sekitar 34 poin, sedangkan untuk gelar juara bisa ditentukan oleh tim yang memiliki poin paling tiinggi selama musim kompetisi berlangsung.

Artinya jika ada tim yang memperoleh poin yang sama, maka juara atau kemenangan bisa ditentukan dari selesih Goal dan kemudian untuk yang juara akan mewakili Indonesia di Liga Champions Asia, sedangkan bagi tim yang mendapatkan peringkat kedua dan ketiga bisa mewakili Indonesia di Piala AFC. Secara otomais, untuk tim yang berada di bawah peringkat tiga, akan langsung terdegradasi dan digantikan langsung oleh 3 tim terbaik yang berada di 2 Liga promosi.

Beberapa Daftar Club Liga 1 2020

Daftar klub Liga 1 musim 2020 Sampai Sekarang
  1. Arema FC
  2. Bali United
  3. Barito Putera 
  4. Bhayangkara FC 
  5. Borneo FC 
  6. Madura United 
  7. PSS Sleman  
  8. PSIS Semarang 
  9. Persela Lamongan 
  10. Persiraja Banda Aceh 
  11. Persib Bandung 
  12. Persita Tangerang 
  13. Persija Jakarta 
  14. Persipura Jayapura 
  15. Persikabo 1973 
  16. PSM Makassar 
  17. Persebaya Surabaya 
  18. Persik Kediri
Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber yang ada, di tahun 1994 PSSI memiliki rencana untuk menyatukan persertikatan dan Galatam yang mana tujuannya untuk membentuk Liga 1 Indonesia dan mengintergrasikan fanatisem secara profesional.

Tujuan dari pembentukan liga 1 Indonesia ini yang jelas adalah meningkatkan kualitas sepak bola yang selama ini masih kacau baik dari kemenangan pertandingan dan menjadi sistem berjenjang yang pasti untuk setiap tingkat kompetisi yang diselenggarakan.

Jadi, dalam penggunaan format seperti halnya perserikatan bisa dikombinasikan dengan sistem kompetisi baik itu semifinal dan final dan menjadi kompetisi satu gabungan di Liga 1 Indonesia.

Jika pada waktu itu Indonesia masih umum dengan kompetisi dalam bentuk turnamen, untuk sekarang ini juara bisa didapatkan menggunakan sistem poin yang bisa didapatkan dari setiap kompetisi yang diselenggarakan.

Jadi pertandingan dari liga 1 Indonesia ini dimulai pada tahun 2008 yang mana pada saat itu juga di ikuti oleh 18 club yang sudah kami jelaskan diatas dan menajdi gol pertama Liga Super Indonesia yang dihasilkan dari tendangan seorang permain bernama Ernest Jeremiah dari Persipura, hasilnya waktu itu masih imbang dengan Sriwijaya dengan skor akhir 2-2.

Dalam liga ini terdapat 18 klub yang semuanya bersaing dengan adil untuk bermain duakali dengan sistem Round – Robin Ganda, pertama untuk bermain di stadion rumah “ home “ dan di stadion lawan, belangsung selama 34 kali pertandingan.

Dalam penskoran sendiri berdasarkan dari poin total yang diberikan catatan dari head to head, tidak ada poin untuk kerugian, dan jika setiap tim masih memiliki nilai poin yang sama biasanya menggunakan gambar agar bisa menentukan pemain yang ada di atas.

Tiga tim dengan posisi terbawah, langsung digantingkan atau diturunkan ke liga 2, sedangkan 3 tim terbaik di liga 2 akan naik ke liga 1.

Membahas mengenai sejarah liga 1 Indonesia memang cukup menarik, bagi para pecinta sepak bola tentu hal ini begitu berguna sebagai tambahan wawasan, namun terasa belum lengkap kalau anda belum memiliki jersey asli dari klub favorit anda yang bergabung dengan liga 1 Indonesia.

Kabar baiknya, anda bisa mendapatkan jersey dengan harga murah dan tentunya kualitas terjamin.

Silahkan datang saja ke Toko Jersey Enkosa Sport yang berada di Jakarta, disana banyak sekali jersey yang dijual dari semua klub Liga 1 Indonesia.

Harga yang murah dan tentu kualitas jersey asli. Selain itu juga anda bisa membeli banyak souvernir lain sesuai dengan klub favorit anda.

Sampai disini dulu informasi mengenai sejarah lengkap tentang liga 1 Indonesia, semoga informasi ini membawa manfaat untuk anda penggemar sepak bola Indonesia. Sekian dan Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Sejarah Liga 1 Indonesia Yang Jarang diketahui Pecinta Bola"