BLANTERTOKOv105
6700739585096372729

Sejarah Klub Liverpool Lengkap – Liverpudlian Wajib Baca Ini

  • Sejarah Klub Liverpool Lengkap – Liverpudlian Wajib Baca Ini
  • Sejarah Klub Liverpool Lengkap – Liverpudlian Wajib Baca Ini

Sejarah Klub Liverpool Lengkap – Liverpudlian Wajib Baca Ini

Rp. 1
  • Blog
  • Sejarah Bola

Tambah Ke Keranjang Beli Sekarang

Sejarah Klub Liverpool Lengkap – Liverpudlian Wajib Baca Ini

Halo sahabat sepak bola, pada kesempatan yang indah ini kami akan membahas sejarah salah satu klub sepak bola yang sudah tidak asing lagi. Tentu anda sebagai penggemar klub ini sudah sangat familiar bukan ?

Yup, apa lagi kalau tidak Liverpool. Klub asal Inggris ini memiliki sejarah menarik yang wajib kita kupas tuntas. Sehingga anda bisa lebih tahu awal mula pembentukan hingga puncak kesuksesaanya.

Tidak abdol rasanya ngaku-ngaku sebagai penggemar atau Liverpudlian kalau tidak tahu sejarah klub kebanggaannya sendiri.

Klub yang memiliki nama lain dengan sebutan “ The Reds “ ini memang tidak pernah mendapatkan trofi inggris sejak musim 2018 – 2019 namun klub ini mampu mendapatkan prestasi lain yang tidak kalah membanggakan yaitu menjuarai liga champion di musim ini.

Waw, gokil kan ? Selama musim 2018, Liverpool sebenarnya sudah berhasil membuktikan bahwa permainan mereka sudah semakin berkembang, hal itu dibuktikan dengan statistik yang didapatkan pada musim ini sudah bisa dikatakan luar biasa.

Beberapa kali sudah mendapatkan kemenangan di liga inggris dan memperoleh total 250.9 juta Pound atau kalau dalam rupiah sekarang ini sekitar 4.6 Triliun.

Penghasilan yang besar dari pemasukan tayangan televisi, selain prestasi yang membanggakan, bonus yang didapatkan adalah promosi dari setiap pemain yang semakin meningkat.

Nah, tida seru kalau sebagai penggemar berat klub liverpool tetapi tidak mengetahui langsung seperti apa sejarah dari klub asal Inggris ini. Yuk simak langsung penjelasannya dibawah ini secara lengkap.

Sejarah Klub Liverpool – Masa Awal Pembentukan

Sejarah pembentukan klub liverpool ini cukup panjang, bahkan pembentukannya sendiri sudah lama dibandingkan liga inggris sendiri.

Kalau anda mau tahu, pembentukan klub liverpool ini dimulai pada tahun 1892 oleh seorang Komiter Everton FC yang dikenal sebagai John Houlding dan menjadi presiden club pada saat itu serta seorang pemilik stadion terbesar di Inggris, Anfield.

Awal mula pembentukan klub liverpool ini diawali oleh John dengan menyewa stadion Anfield yang kemudian dalam beberapa tahun langsung membelinya hingga mengalami peningkatan harga dari 100 pound ke 250 per tahunnya.

Pada waktu itu namanya klub ini bukan Liverpool melainkan Everton FC and Athletic Gorunds.Ltd. atau dikenal dengan singkatan Everton Athletic, pada saat itu terjadi penolakan karena menurut Asosiasi Sepak Bola Inggris, tidak di perkenankan jika ada dua klub sepak bola dengan nama yang sama, sehingga John Houlding di saat itu harus mengganti nama tim sepak bolanya menjadi Liverpoo yang dikenal saat ini dan menjadi salah satu klub bola yang mampu bertanding dengan serius di berbagai kompetisi.

Awal mula liverpool tampil ketika bermain di Liga Lanashire dan menjadi juara sebelum akhirnya di gabungkan dengan devis II liga Inggris yang sekarang memiliki nama Football League Championshp di musim 1893.

Lihat juga: Sejarah Liga 1 Indonesia Yang Jarang diketahui Pecinta Bola

Pada pertandingan di musim pertama, tim sepak bola ini sudah mampu mendapatkan juara dan berhak untuk masuk ke devisi pertama “1” yang sekarang ini kita kenal dengan sebutan Liga Primer Inggris, selanjutnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjuarai beberapa kompetisi lain.

Bisa dikatakan ini adalah awal masa perkembangan dari klub bola liverpool dan mengawali sejarahnya sebagai salah satu klub blog dengan dedikasi yang tinggi.

Sejarah Klub Liverpool – Masa Perkembangan

Pada masa ini Liverpool harus tersingkir dari Klub Burnley dengan sekor 1-0 di Final piala dunia yang diselenggarakan pada tahun 1914 , meskipun begitu tetap mendapatkan peringkat di juara liga 2 berturut-turut pada tahun 1921 – 22 dan tahun 1922 – 23.

Ini menjadi bukti kalau keluatan Liverpool memang besar untuk mendapatkan banyak juara, tahun 1946 berhasil memperoleh tropi lagi dan menerima gelar liganya yang ke 5. Setelah 50 tahun bertahan di devisi 1 dan akhirnya harus merosot kembali ke devisi III sejak tahun 1953-1954.

Ini menjadi cambuk untuk klub sepak bola inggris untuk tidak pantang menyerah begitu saja, meski harus kalah kembali dari Klub Worcester City, tidak membuat liverpool putus asa, malahan semakin giat untuk berlatih dan melakukan rombak besar-besaran dan melepas beberapa pemain lama dengan total 24 pemain di waktu itu. Sedangkan pada saat itu, rapat pelepasan 24 pemain di lakukan di suatu tempat dengan nama “ The Boot Room “ yang melahirkan manager-manager baru dan legendaris di hari berikutnya.

Bob Paisley, Joe Fagan dan Reuben Bennett berhasil membangun kekuatan dari klub Liverpool kembali dan membuat tim menjadi semakin percaya diri untuk tampil di kompetisi lainnya, alhasil liverpool mampu masuk devisi 1 kembali di tahun 1961- 1962 dengan mendapatkan juara 3 di musim tersebut.

Sejarah Klub Liverpool – Masa Kejayaan

Sekarang kita akan membicarakan mengenai masa kejayaan dari klub kebanggan anda, awal mula masa kejayaan liverpool di mulai pada tahun 1964 yang berhasil menduduki posisi devisi 1 selama bertahun-tahun dan duduk di posisi devisi 2 selama 8 tahun amanya.

Pada Era Bill Shankly, liverpool mampu mendapatkan juara di piala FA di tahun 1965 dan menjuarai banyak musim dari tahun 1965 – 1966. Sehingga Bill berhasil mempersembahkan juara 3 musim kompetisi 1972-1973.

Pada waktu itu, Billy membanyai klub Newcastile United dengan skor telak 3-0 dan membawa gelar piala FA itu sebagai persembahan terakhirnya, karena di waktu itu Billy tiba-tiba memutuskan untuk pensiun.

Sedangkan waktu itu, Billy menyerahkan tugas pentingnya kepada Bob Pasiley untuk menggantinya dan di era Bob, Liverpool kembali menjuarai banyak kompetisi dan berhasil menghadihi 21 tropi termasuk 3 piala Champions, 1 Piala UEFA dan 6 juara liga inggris, sisanya kompetisi bergengsi yang jelas membuat liverpool semakin dikagumi.

Selain dengan semua gelar juara itu, Bob menjadi manager paling sukses ketika menanangi klub inggris dan banyak memberikan gelar kepada klub liverpool di kala itu.

Selanjutnya setelah Bob pensiun, tugas penting tersebut digantikan oleh asistennya yang bernama Joe Fagan yang waktu itu berusia sekitar 6 tahun dan berhasil mempersembahkan treble di liga Inggris di musim pertamanya, juara piala Liga dan Piala Champions. Ini menjadi salah satu moment dimana klub inggris yang pertama kali mendapatkan 3 juara sekaligus dalam 1 musim.

Sayangnya, catatan keemasan yang didapatkan oleh Liverpool tidak bertahan lama setelah menghadapi Juventus di piala Champion harus ada insiden yang menewaskan sekitar 39 orang, hingga pada akhirnya semua klub di saat itu harus dihentikan sementara dan tidak boleh ada kompetisi sama sekali, Liverpool FC harus berhenti dalam waktu yang lama agar tidak mengikuti kompetisi di Eropa.

Nah itulah sedikit kupasan dari sejarah Liiverpool, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan anda sedikit pengetahuan tentang klub dari Inggris.

Oya, kalau anda mau beli jersey asli Liverpool, datang langsung ke Toko Jersey Tanah Abang Enkosa Sport. Disana banyak sekali pilihan jersey klub Inggris, salah satunya adalah Jersey Klub Liverpool.

Detail Pemesanan

 Sejarah Klub Liverpool Lengkap – Liverpudlian Wajib Baca Ini
Sejarah Klub Liverpool Lengkap – Liverpudlian Wajib Baca Ini
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya