BLANTERTOKOv105
6700739585096372729

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? Pentingnya Website Untuk Membangun Sebuah Brand

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? Pentingnya Website Untuk Membangun Sebuah Brand

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Pentingnya Website Untuk Membangun Sebuah Brand

Menjual produk agar cepat laku dan laris bisa menggunakan Marketplace, namun apakah kita bisa membangun Brand kita di Marketplace tersebut? Jawabannya adalah sulit. Tentu saja rasanya sulit untuk membangun sebuah brand jika hanya melakukan bisnis melalui Marketplace saja. Orang datang mengunjungi marketplace dengan tujuan mencari sebuah produk yang akan dibeli dan yang diketikkan dalam kolom pencarian adalah nama produknya. Sangat jarang pengunjung marketplace langsung mengetikkan nama toko di dalam kolom pencarian produk.

Lalu apakah salah berjualan di Marketplace? Tentu saja tidak, malah lebih bagus jika kita menjual produk ke dalam marketplace. Produk kita akan lebih cepat laku dan gampang ditemukan oleh customer, menariknya jika berjualan di marketplace terkadang produk kita di promosikan oleh marketplace tersebut ke Google Adwords. Google Adword adalah layanan Advertiser milik google yang mengiklankan produk-produk client ke hasil penelusuran google search dan seluruh jaringan iklan yang bekerjasama dengan google Adsense. Oleh sebab itu, selain produk yang kita jual mudah mendapatkan pembeli, mereka  juga mengiklankan produk kita.

Pengalaman pribadi, saya menjual produk Jersey dan jaket hoodie ke beberapa marketplace yang populer di Indonesia seperti Marketplace plat Merah, Orange maupun Hijau. Produk yang saya jual-pun mengalami peningkatan penjualan dan secara tidak langsung hampir semua penjualan datang dari marketplace. Namun apakah saya bisa membangun brand di dalam marketplace tersebut, saya menjawabnya tidak. Customer hanya tau produk yang saya jual, yakni jersey dan hoodie tanpa memikirkan siapa yang menjual produk tersebut. Kebanyakan customer hanya berpikir Marketplace tersebutlah yang menjualnya, padahal marketplace adalah tempat atau wadah yang didalamnya terdapat toko-toko. Analoginya Marketplace adalah Mall atau Pasar yang didalamnya terdapat banyak toko-toko.

Pentingnya Website Untuk Membangun Sebuah Brand

Bagaimana cara meningkatkan Branding terhadap bisnis kita? Jika kamu mempunyai masalah tersebut kamu sudah berada ditempat yang tepat. Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membangun sebuah Brand. Sesuai dengan Tema artikel ini adalah “Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergy?” Lalu apa hubungannya dengan Brand, tentu saja ada hubungannya. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas mengenai kelebihan dari berjualan di marketplace, selain kelebihan-kelebihan yang ditawarkan tentu saja memiliki kekurangan. Kekurangan yang paling terasa ketika kita menggunakan Marketpace sebagai tempat berbisnis adalah susahnya membangun Brand.

Brand adalah sesuatu yang melekat di benak orang-orang terhadap sebuah produk atau bisnis perusahaan atau perorangan, istilah Brand ini juga disebut sebagai merek. Lalu apakah Merek mu sudah dikenal orang atau mereka hanya tau produkmu tanpa mengetahui merek atau brand nya. Jika iya, maka kamu perlu membangun Brand Tokomu. Yang akan kita bangun menjadi sebuah Brand tidak hanya toko saja, jika kamu adalah seorang Influencer maka kamu juga perlu membuat sebuah Brand terhadap dirimu sendiri.

Cara membangun Brand yang paling mudah adalah dengan Website, kita bisa lebih leluasa menambahkan informasi tentang bisnis kita kedalam sebuah website. Membangun sebuah website bukanlah hal yang gampang namun juga tidak sulit. Kita bisa memanfaatkan platform blogging sebagai medianya, dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh platform tersebut kita akan lebih mudah dalam meembangun sebuah website yang akan kita gunakan untuk menaruh segala informasi tentang bisnis kita.

Membuat blog sebagai website pada dasarnya sangatlah mudah jika kita mau belajar, hanya saja butuh waktu untuk membuatnya. Namun semuanya akan terbayar dengan hasil yang akan kita dapatkan nanti, dengan semakin kuatnya sebuah Brand dari bisnis kita maka orang-orang akan lebih cepat mengenal dan paham mengenai produk yang kita jual. Selain itu kita juga perlu membangun sebuah produk yang bagus dan disukai oleh orang-orang, dengan bantuan website dan produk yang bagus maka brand akan lebih cepat terbangun dengan sendirinya.

Didalam website yang kita gunakan sebagai alat membangun Brand bisnis, kita bisa menambahkan berbagai macam informasi utama terhadap bisnis kita. Informasi-informasi yang wajib kita sertakan kedalam website seperti “About Us” “Keunggulan Produk” “Keunikan Produk” dan masih banyak lagi yang bisa kita tambahkan. Membuat website yang terlihat professional tentu perlu yang namanya TLD, TLD adalah kependekan dari Top Level Domain. Terdapat dua tingkatan dari Domain yakni Top Level Domain dan Sub Domain. Agar website terlihat Profesional maka kita perlu yang namanya Top Level Domain.

Saya sendiri sebagai pemilik toko online enkosa sport, pada awalnya hanya menjual produk melalui marketplace, namun untuk membangun sebuah brand akhirnya saya membuat sebuah website. Apakah saya hanya ingin menjual produk di Marketplace saja, atau membuat website sebagai profilnya, itu adalah pilihan. Namun sinergi dari kedua hal tersebut sangatlah luar biasa, marketplace kita gunakan sebagai tempat penjualan sedangkan website sebagai profil dari toko online saya. Hasil dari sinergi ini selain saya terus berjualan melalui marketplace saya juga mendapatkan Brand toko online saya Enkosa Sport lebih dikenal. Selain itu produk yang saya jual juga semakin mudah ditemukan melalui hasil pencarian Google.

Domain selain digunakan sebagai nama toko atau brand, domain juga bisa digunakan untuk mengarahkan pengunjung website ke akun sosial mediamu. Dengan memiliki profil di website dan memberikan informasi kelebihan-kelebihan apa yang kamu miliki tentang dirimu. Mungkin kamu adalah seorang Influencer dengan puluhan ribu Follower di Instagram atau Youtubers dengan jutan subscriber. Dengan memiliki website yang berisi mengenai “siapa dirimu”, “apa kelebihanmu” kemudian “apa saja yang bisa kamu lakuin untuk memasarkan produk orang” dan “Hasil apa yang akan di capai jika orang menggunakan jasamu”. Dengan informasi-informasi tersebut tentu saja akan membuat orang semakin yakin dengan dirimu, kemudian brand-mu pun lambat-laun akan terbentuk dengan sendirinya.

Kenapa kita membutuhkan website? Hal ini karena orang lebih suka mencari informasi melalui mesin pencarian seperti Google, Bing dan Yahoo, dengan membuat website yang bagus dan informasi detil dan lengkap mengenai produkmu maka hanya dengan inilah jasamu atau produkmu bisa ditemukan dihasil pencarian mesin pencari. Di era Industri 4.0 kita harus bergerak cepat dan memenfaatkan peluang sebagai kesempatan. Sekecil apapun peluan tersebut harus kita manfaatkan. Dengan membangun sebuah website maka peluang sekecil apapun bisa kita konversikan menjadi peluang besar untuk bisnis kita di masa depan.

Pentingnya Website Untuk Membangun Sebuah Brand

Untuk mendapatkan sebuah domain bukanlah hal sulit, banyak penyedia domain murah di Indonesia yang kompeten. Dengan berbagai macam harga yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Domain memilki banyak fariasi, seperti “.com”, “.co,id”, “.biz”, “.org” “.info” dan masih banyak lagi, kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan. Biasanya jika website dibuat untuk keperluan komersil menggunakan domain “.com” atau jika domain digunakan sebagai website sebuah organisasi nirlaba bisa mengunakan “.org”.

Kesimpulan

Sesuai tema pada artikel ini “Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergy?” maka jawabannya adalah “Sinergi”. Semoga dengan informasi ini bisa memberikan gambaran betapa pentingnya sebuah website demi untuk membangun sebuah Brand agar bisnis kita lebih terlihat professional dan terpercaya. 

Detail Pemesanan

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? Pentingnya Website Untuk Membangun Sebuah Brand
Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? Pentingnya Website Untuk Membangun Sebuah Brand
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya