Cara Sukses Bisnis Online di Usia Muda

Cara Sukses Bisnis Online di Usia Muda

Cara Suskes Bisnis Online di Usia Muda

Sukses bisnis di Usia Muda, hmm ini bakalan sedikit cerita mengenai pengalaman pribadi saya. Walaupun gak sukses-sukses amat tapi dengan bisnis online ini saya bisa membeli motor impian pada saat itu yakni Yamaha R15 dan bisa menikah dengan uang hasil dari jualan online, walaupun ada sedikti tambahan dari tabungan sisa gaji bulanan hehehe. Kesuksesan itu sebenarnya relative, apakah saya sudah sukses jualan online atau masih belum, tergantung cara pikir masing-masing setiap orang.

Dulu saya memulai bisnis online pada tahun 2014, saat itu masih sedikit orang yang mengerti mengenai belanja online. Orang-orang masih ragu dengan cara seperti itu, mereka lebih suka belanja dengan datang langsung ke toko. Namun itu bukanlah masalah buat saya, dengan ketekunan dan kerja keras saya terus berusaha meyakinkan pembeli mengenai kredibilitas bisnis online saya.

Pendahuluan


Berbisnis online tidak cukup hanya menggunakan sosial media. Pada  waktu itu sedang populernya orang berjualan online dengan menggunakan BBM. Jika kamu sudah punya BB di tahun tersebut pasti pernah merasakan mendapatkan broadcast jualan dari orang lain. Ditahun tersebut orang-orang cenderung berjualan online melalui BBM dan didukung dengan sosial media seperti facebook, Instagram, twitter dan lain-lain.

By the way, saya melakukan itu semua. Berjualan melalui Facebook, Twitter, Instagram dan BBM. Bukalapak belum terkenal saat itu, orang-orang masih ragu membeli disana, entah kenapa namun saya sering mendapati customer saya merasa kesal mengeluh kepada saya dengan pelayanan di Bukalapak. Tokopedia, hmm belum ada tokopedia saat itu, apalagi shopee. 

Seiring berjalannya waktu saya mulai paham bagaimana cara meningkatkan kredibilitas toko online, akhirnya toko online saya-pun berkembang dan mendapatkan banyak pembeli dari berbagai daerah di Indonesia. Caranya bagaimana, nanti saya akan share semuanya di artikel ini bagaimana cara sukses bisnis online di Usia Muda.

Cara Sukses Berjualan Online di Usia Muda


Dibawah ini adalah step  by step bagaimana cara berjualan online agar cepat sukses.

1. Pilih produk yang gampang didapatkan dan stocknya banyak


Pilih produk yang gampang mendapatkannya dan stocknya banyak

Jika ingin berjualan online langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih produk yang akan dijual nantinya. Usahakan produk yang akan dijual ini bisa kita dapatkan dengan mudah dan stocknya pun banyak. Hal ini penting untuk memulai usaha berbisnis online, pastikan produk yang akan dijual stock-nya selalu ready. Ini akan berdampak sangat buruk apabila saat pertama kali terdapat customer yang ingin membeli produk kita dan ternyata stock-nya habis, maka kita akan kehilangan moment. Momen pertama kali orang membeli produk kita adalah hal yang sangat-sangat penting. Kita bisa memanfaatkan testimoni dari customer pertama tersebut sebagai pemancing calon pembeli lainnya. Perlu di ingat awal mula berjualan online, mendapatkan customer pertama adalah hal yang paling sulit. Jadi, jangan sia-siakan momen tersebut. Usahan barang produk yang kita jual selalu ready.

2. Jangan takut memilih produk yang akan dijual


Jangan takut memilih produk yang akan dijual

Pada point ini banyak orang yang ragu-ragu untuk memulai bisnis online karena takut produk yang dijualnya tidak akan laku. Jangan takut akan hal tersebut, produk apapun pasti ada yang membutuhkan. Pilih produk yang unik yang belum banyak orang menjualnya, atau produk yang sudah banyak orang menjualnya tapi selalu dibutuhkan apa itu, yakni pakaian. Banyak orang menjual pakaian namun pembelinya-pun juga banyak jadi jangan takut kalah saing. Produk unik yang bisa kamu jual-pun bermacam-macam, kamu-pun bisa menjual jasa. Mungkin kamu mempunyai banyak followers Instagram yang mencapai puluhan ribu. Dengan menawarkan jasamu sebagai Influencer kamu akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit, bahkan dijaman now sekarang ini banyak dicari Influencer-influencer untuk memasarkan produk dengan cara membuatkan video cara pemakaian dari suatu produk atau hanya mereviewnya saja.

Jangan takut memilih produk yang akan dijual

Memutuskan untuk memilih produk yang akan dijual secara online juga merupakan hal yang penting. Yakinkan di benakmu mengenai produk yang akan kamu jual, tidak ada produk yang tidak laku dijual secara online, asal produkmu merupakan produk bagus yang memiliki kualitas maka orang-orang tidak akan ragu untuk membeli produkmu. Yakinkan juga pada dirimu sendiri bahwa kamu memang bersungguh-sungguh ingin berjualan dengan cara online secara konsisten.

3. Konsisten dengan produk yang dijual

Konsisten dengan produk yang dijual

Konsisten adalah hal yang sangat sulit dilakukan, namun memilih untuk konsisten adalah pilihan. Semua orang sukses adalah orang-orang yang konsisten dibidangnya. Contoh saja Bill Gates yang merupakan pendiri Microsoft,  di awal-awal kesuksesannya Bill Gates secara konsisten terus mengembangkan produknya yakni Windows hingga menjadi sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di dunia. Kemudian ada Jack Ma orang terkaya di Cina, siapa sangka kalau dulunya dia hanya seorang guru Bahasa inggris dengan bayaran yang sangat kecil, pernah melamar di KFC namun di tolak. Hingga akhirnya dia memiliki ide untuk membangun toko online dengan modal seadanya, diawal-awal kesuksesannya Jack Ma juga secara konsisten mengembangkan toko online nya Alibaba hingga menjadi toko online terbesar yang mampu bersanding dengan Amazon. 

Apa jadinya jika dua orang penting tersebut diawal-awal kesuksesannya malah tidak konsisten. Bayangin saja jika Bill Gates malah menjual Microsoft dan mencoba bisnis property atau Jack Ma menjual toko onlinenya dan mencoba bisnis perhotelan. Apakah mereka bisa sampai seperti sekarang, tentu saja tidak. Mereka selalu konsisten dengan apa yang dikerjakan, begitu pula ketika kita berjualan online dengan produk-produk yang sudah kita tentukan. Ketika kita sudah memilih satu produk yang ingin dijual usahakan selalu konsisten menjual produk tersebut. Contoh saja ketika kita memutuskan menjual perlengkapan olahraga, jangan sampai ditengah jalan kita malah berjualan makanan, kripik lah, kerupuk lah, kalau bisa jangan. Sebab jika kita tidak konsisten dan etalase toko kita dipenuhi dengan produk-produk yang tidak berkaitan maka kepercayaan konsumen mengenai toko online kita akan berkurang. Mereka mungkin akan berpikir, ini toko apa sih kok jualnya macem-macem gak jelas, ada sepatu ada kripik ada dompet ada kacamata. Kita sebisa mungkin menghindari faktor-faktor yang menyebabkan customer berfikir demikian. 

Jika kita konsisten menjual satu produk maka usahakan untuk memasang produk yang berhubungan, misalkan kita menjual perlengkapan sepakbola maka produk-produknya tidak jauh dari sesuatu yang dibutuhkan ketika bermain bola. Contohnya adalah sepatu futsal, baju dan celana futsal, kaos kaki bola, sarung tangan kipper dan lain-lain. Jika ingin menambahkan produk lainnya usahakan yang berhubungan juga dengan sepakbola, contohnya adalah jersey dari klub-klub besar, Merchandise sepakbola seperti gantungan kunci logo klub atau tas dengan logo klub sebagai coraknya.

4. Buat media berjualan online

Buat media berjualan online

Dulu saya berjualan online melalui BBM dan sosial media, namun saya sadar itu saja tidak cukup. Akhirnya saya memutuskan untuk berjualan melalui marketplace agar customer bisa lebih percaya dan merasa aman bertransaksi. Ditahun tersebut marketplace masih belum setenar saat sekarang dan belum terdapat promo yang sangat menggiuarkan seperti free ongkir, cashback dan point yang bisa kita kumpulkan setelah berbelanja. Ditahun tersebut saya hanya perlu mendaftarkan toko online saya kebanyak sosial media dan marketplace. 

Diawal-awal berjualan usahan untuk memilih salah satu dari berbagai marketplace, pilih salah satu dan kembangkan. Usahakan untuk terus meng-update produkmu sebanyak mungkin karena semakin banyak produk yang terdapat di etalasemu maka akan semakin terlihat kredible dan terercaya toko online-mu. Di dalam etalase usahakan minimal 20 produk sudah terpasang agar customer bisa mendapatkan pilihan sebelum memutuskan akan membeli produk yang mana. 

Setelah kita menguasai satu marketplace baru kemudian menambahkan ke marketplace lainnya, bisa tokopedia, bukalapak atau shopee. Usahakan untuk berjualan lebih dari satu marketplace, minimal tiga marketplace yang populer di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia dan Shopee. Dengan tiga marketplace tersebut maka kita bisa menjaring customer dari berbagai marketplace, sebab orang-orang biasanya menyukai menggunakan salah satu dari marketplace tersebut jadi usahakan mempunyai jaringan marketplace sebanyak-banyaknya agar lebih besar kesempatan mendapatkan calon pembeli.

5. Manfaatkan Sosial Media

Manfaatkan Sosial Media untuk jualan online

Di saat sekarang ini perkembangan marketplace sudah sangat populer sekali, orang-orang suka membeli barang atau produk di marketplace. Mungkin kamu jika bersungguh-sungguh ingin berjualan online maka pikiran kita langsung tertuju untuk berjualan di marketplace yang populer tersebut. Berbeda pada saat saya dulu memulai bisnis online, dulu saya mengembangkan terlebih dahulu sosial media baru masuk ke dunia marketplace. Sebab saat itu sosial media yang lebih dulu populer baru kemudian disusul oleh marketplace. Maka dari itu saya terlebih dahulu mengembangkan sosial media untuk toko online saya. 

Setelah kita memasang produk yang dijual kedalam etalase yang terdapat di marketplace baru kemudian kita bisa mengembangkan sosial medianya. Atau bisa berjalan beriringan membuat toko online di marketplace sekalian membuat sosial medianya. Usahakan membuat akun toko online kita di semua sosial media yang ada, semakin banyak sosial media yang bisa kita manfaatkan maka akan semakin baik. Miminal kita bisa memanfaatkan sosial media yang populer seperti Facebook Fanpage, Instagram Bisnis Account dan Twitter. Tiga sosial media sebenarnya sudah cukup namun akan lebih baik lagi jika lebih dari itu, mungkin kita bisa memanfaatkan LinkedIn, Tumblr, VKontakte, Youtube maka akan semakin bagus lagi. Seimbangkan juga dengan kemampuan kita, jangan sampai memiliki banyak sosial media namun jarang update, maka akan sia-sia pula. Usahakan sosial media yang kita gunakan selalu update minimial sehari sekali memberikan postingan mengenai produk kita.

Dengan memanfaatkan sosial media kita bisa menjaring jauh lebih banyak lagi calon pembeli, analoginya jika kita memanfaatkan sosial media itu seperti lari menjemput bola. Namun apabila sama sekali tidak memanfaatkan sosial media maka kita hanya duduk menunggu bola, sukur-sukur ada yang beli kalau tidak ya sudah. Jika memang demikian maka toko online kita akan sepi pembeli, customer yang membeli produk kita makan akan bisa dihitung dengan jari. Berbeda jika kita memanfaatkan sosial media sebagai ajang menjemput bola maka bisa dibayangkan jika kita berhasil melakukannya maka customer yang datang membeli produk kita akan sangat banyak sekali.

Bayangkan jika kita bisa memanfaatkan sosial media dengan sukses, pengguna aktif facebook contohnya. Menurut data dari statistica.com pengguna aktif facebook diseluruh dunia pada kuartal 1 2020 mencapai 2,6 Milyar,Instagram dengan jumlah pengguna akrif bulanan sebesar 1 Milyar dan Twitter dengan pengguna aktif bulanan mencapai 166 juta. 1% saja jika kita bisa menjaring pengguna aktif dari ketiga sosial media tersebut maka penjualan toko online kita akan sangat luar biasa. Dalam menjalankan sosial media usahakan selalu menjaga interaksi dengan customer maupaun calon customer. 

Jangan pernah psimis menanggapi pertanyaan customer meskipun mereka hanya tanya-tanya saja, selalu perfikir positif dalam menjawab setiap pertanyaan mereka akan jauh lebih baik daripada hanya mengeluh didalam hati. Jangan sampai menunjukkan kalimat-kalimat kesal atas pertanyaan-pertanyaan dari customer meskiput mereka hanya iseng bertanya, mungkin dilain waktu mereka akan kembali untuk membeli produk kita, siapa ya tahu. Jadi selalu jaga untuk berfikir positif dalam melayani customer kita.

6. Bangun Brand toko online kita

angun Brand toko online kita dengan website

Membangun brand tidak cukup hanya berjualan di Marketplace dan sosial media. Kita perlu lebih dari itu, kita bisa memanfaatkan sebuah website untuk membangun Brand toko online kita agar lebih terlihat kredibel dan terpercaya. Di dalam sebuah website tersebut kita bisa mengisinya dengan segala macam informasi toko online kita. Mulai dari kelebihan, kualitas dan harga yang bersaing, melalui website juga maka toko online kita akan lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari google. Lalu bagaimana cara membuat website, cara membuat website sebenarnya susah-susah gampang. Orang awampun bisa membuat website hanya saja butuh waktu untuk membuatnya. Untuk kamu yang sudah terbiasa dengan dunia blogging maka membuat website sebagai landing page toko online bukanlah perkara sulit. 

Website untuk membangun sebuah brand cukup menggunakan website sederhana atau istilahnya Landing Page. Landing Page adalah website yang hanya memiliki satu halaman yang terdiri dari Informasi Toko Online, Kelebihan, Manfaat yang didapatkan, Informasi harga yang bersaing dan masih banyak informasi yang bisa ditambahkan kedalam website Landing Page kita nantinya. Melalui Landing Page ini juga kita bisa menambahkan fitur Etalase yang akan kita gunakan untuk memasang produk-produk kita, namun itu hanya opsional atau kita bisa mengarahkan pengunjung website kita untuk membeli produk melalui marketplace yang kita sediakan. 

Untuk membuat website profil atau Landing Page kita bisa memanfaatkan layanan hosting murah Indonesia dari Masterweb. Untuk website agar terlihat professional maka kita perlu menggunakan layanan hosting agar terlihat meyakinkan dan terpercaya. Kelebihan dari masterweb adalah layanan hosting dan domain yang berkualitas namun murah dan yang pasti tidak murahan. Di Masterweb ini juga menyediakan layanan web1menit buat kamu yang tidak ingin repot-repot membuat website. Dengan layanan ini maka kamu akan dibuatkan sebuah website sesuai dengan keinginanmu dan terdapat banyak sekali pilihan tampilan yang bisa kamu pilih sebagai tampilan website profil bisnismu.

Terdapat 3 pilihan harga yang ditawarkan dalam pembuatan website ini yakni pilihan “Starter”, “Online Easy” dan “Online Plus” yang masing-masing harganya adalah Rp.19.000/bulan, Rp 89.000/bulan dan yang terakhir Online Plus adalah Rp 189.000/ bulan. Jika websitemu hanya digunakan sebagai landing page maka dengan paket “Starter” sudah lebih dari cukup. Namun apabila toko online sudah maju dan memiliki branding yang bagus maka kamu bisa upgrade ke  pilihan “Online Easy” atau “Online Plus”. Dengan bantuan website ini pula kita juga bisa menambahkan fitur blog, fitur blog ini berfungsi untuk memberikan update-update mengenai manfaat dari produk atau hal lainnya, tentunya dengan fitur blog ini akan semakin memudahkan mesin pencari seperti google, bing dan yahoo menemukan toko online kita dihasil pencarian teratas.

Jika kamu memang sudah bisa membuat website sendiri, maka kamu bisa memanfaatkan platform dari Wordpress,org untuk membuat website landing page dan kemudian kamu bisa beli hosting di masterweb. Banyak sekali promo jika membeli hosting di Masterweb apalagi di saat pandemic corona ini. Seperti promo diskon hosting 20% sebagai dukungan dari anjuran pemerintah untuk bekerja dari rumah seperti kegiatan belajar dan bekerja kemudian diskon Promo THR dengan tagline”Dijamin Untung” diskon sebesar 30% dan masih banyak lagi promo lainnya. 

Jika kita cukup mempunyai modal kita juga bisa langsung membuat website yang bisa digunakan sebagai toko online, dengan layanan hosting bisnis terbaik dari masterweb kita akan mendapatkan sebuah tampilan website toko online yang lengkap dengan berbagai fitur. Tidak hanya itu saja, dengan layanan hosting bisnis terbaik dari masterweb ini kita akan mendapatkan layanan seperti CloudLinux OS, Back Up Data, SpamExpert, Antivirus, 1 Click Instaler, Staging Tools dan masih banyak lagi. Kenapa memilih layanan hosting bisnis terbaik ini? Dengan hosting bisnis terbaik kita bisa membuat website menjadi toko online lengkap dengan keranjang belanja dan otomatisasi fitur pembayarannya. Seperti fitur Sign In yang mana customer bisa mendaftar di toko online kita layaknya marketplace-marketplace populer, kemudian terdapat fitur Check out dan cek pembayaran secara otomatis. 

Dengan hosting bisnis terbaik ini kita juga akan mendapatkan dukungan teknis 24 jam, gratis domain dan SSL, Server cepat dan handal, akses website cepat dan tentu saja website kita akan lebih aman dari percobaan hacking oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ketika kita memilih layanan hosting yang paling murah pun website kita juga akan aman dari ancaman-ancaman seperti hacking, antivirus, phising dan lain-lain. Pertimbangkan untuk membangun brand toko online kita melalui sebuah website, sebab dengan membangun Brand maka bisnis online kita akan semakin terpercaya dan mendapatkan tempat dihati orang-orang. Jika brand kita sudah terbentuk maka mereka tidak akan lagi mencari barang dengan kata kunci nama barang yang kita jual, melainkan langsung menuliskan alamat website kita ke mesin pencari google atau mengetikkan nama toko online kita kedalam kolom pencarian di marketlace.

Penutup

Berbisnis online di usia muda merupakan sebuah pilihan, apakah kamu ingin menghabiskan masa mudamu untuk bersenang-senang atau memanfaatkan usia mudamu untuk membangun sebuah bisnis. Belajar dan bersenang-senang di usia muda bukanlah sesuatu yang salah dan berbisnis di usia muda juga bukanlah kesalahan. Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu yang berharga untuk saling bersinergi. Belajar, bersenang-senang, berbisnis dan menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga adalah hal yang lebih penting, akan menjadi lebih luar biasa jika kita bisa memanfaatkan waktu untuk semuanya. Jangan lupa juga untuk mencari jodoh ya, jangan hanya sibuk belajar atau berbisnis hingga lupa mencari jodoh.

Nah semua pengalaman dan ilmu saya sudah saya bagikan diatas, saya sendiri juga masih belajar untuk tetap konsisten mengikuti step by step yang sudah saya berikan mulai dari nomer 1 hingga nomer 6. Selain itu, kita juga harus tetap mengikuti perkembangan dunia bisnis online dan yang terpenting jangan pernah berhenti belajar. Dulu saya sempat berhenti belajar dan hanya melakukan rutinitas berdagang online seperti biasa danketika saya sadar saya sudah ketinggalan jauh, banyak competitor yang lebih wow dari saya dengan harga dan kualitas yang bersaing, sampai sekarang saya masih berusaha untuk memperbaiki ketertinggalan saya. Semoga sharing ini bisa membantumu bagaimana cara sukses bisnis online di usia muda, mungkin tulisan ini hanya 1 % dari faktor yang akan  membuatmu sukses berbisnis online. Yang terpenting selalu manfaatkan peluang hingga yang terkecil untuk membuat bisnis online mu sukses, kemudian latihlah pikiranmu untuk melihat berbagai peluang agar kamu bisa mengkonversikan peluang tersebut menjadi Cuan Cuan dan Cuan. Salam Sukses. 

5 komentar untuk "Cara Sukses Bisnis Online di Usia Muda"

  1. Yukk ikutan pelatihan barista yang diselenggarakan oleh prakerja. cek: https://karya1.net/pelatihan-barista-dan-usaha-warung-kopi/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantapp mas, saya jd pengen ikutan kompetisi nya

      Hapus
    2. Yukk kak, Buruan daftar... Peluang masih banyak. Kami tunggu ya...

      Hapus
  2. terimakasih sangat bermanfaat
    bisa menjadi motivasi bagi kita para pemuda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap sama2, semoga bisa menginspirasi

      Hapus

Posting Komentar