A to Z Peraturan Sepak Bola Profesional Lengkap Sesuai Standar FIFA Badan Sepakbola Dunia

Sepak bola adalah permainan yang paling banyak digemari diseluruh dunia, dikarenakan permainan sepak bola merupakan olahraga yang paling simpel dalam segi peraturannya. Namun tetap saja dalam permainan sepakbola profesional memiliki peraturan yang ketat agar pertandingan berjalan dengan lancar dan menjadi tontonan yang menarik.

A to Z Peraturan Sepak Bola Profesional Lengkap Sesuai Standar FIFA Badan Sepakbola Dunia

Berbeda dengan sepak bola amatir, sepakbola amatir bebas dimainkan tanpa peraturan, hanya memasukkan bola ke keper lawan tanpa ada peraturan tambahan. Contoh sederhananya ketika permainan sepakbola dimainkan di jalanan oleh anak-anak makan mereka bebas bermain tanpa ada peraturan, hal ini lah yang membuat permainan sepak bola digandrungi diseluruh dunia tanpa batasan usia.

Disini kita akan membahas mengenai peraturan sepakbola profesional yang sudah diatur oleh organisasi sepakbola dunia yakni FIFA.

Peraturan Sepak Bola 

A. Peraturan Lapangan Sepakbola

Hal pertama yang diperhatikan adalah lapangan, lapangan sepakbola memiliki berbagai macam ukuran. Pada dasarnya setiap lapangan memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dari vendor yang membuat lapangan tersebut. Namun dalam hal permainan sepakbola profesional tentu saja ukuran lapangan ini sudah di atur oleh bada olahraga sepak bola dunia FIFA, dalam peraturan tersebut maka ukuran lapangan memiliki standar sebagai berikut;

Panjang Lapangan: Minimum 90 Meter & Maksimum 120 Meter
Lebar Lapangan: Minimum 45 Meter & Maksimum 90 Meter

Biasanya ukuran lapangan bola adalah persegi panjang sehingga penting untuk menyesuaikan panjang dan lebar lapangan agar pertandingan sepakbola menjadi lebih menarik. Meskipun ukuran panjang dan lebar sudah ditentunkan, jangan sampai lapangan sepakbola dibuat dengan ukuran yang tidak tepat. Misalnya panjang lapangan dibuat minimum dan lebarnya adalah maksimal maka bentuk lapangan akan menjadi Kotak Persegi, bisa dibayangkan betapa buruknya ukuran lapangan tersebut. begitupun sebaliknya lapangan dibuat dengan panjang maksimun dan lebar minimum maka bentuk lapangan akan terlihat seperti arena lombar lari.

Idealnya dalam ukuran lapangan sepakbola seperti pada lapangan yang digunakan sebagai ajang pertandingan Nasional maupun Internasional memiliki ukuran sebagai berikut:

Panjang Lapangan (Touch Line): Minimum 90 Meter - Maksimum 110 Meter
Lebar Lapangan (Goal Line): Minimum 64 Meter - Maksimum 75 Meter

Dibawah ini beberapa stadion International lengkap dengan ukuran dan kapasitasnya.

Lapangan Sepakbola Stadion Santiago Barnebau

1. Lapangan Sepakbola Stadion Santiago Barnebau

Panjagn Lapangan (Touch Line): 105 Meter
Lebar Lapangan (Goal Line): 68 Meter
Kapasitas: 81.044 kursi


 Lapangan sepakbola Emirates Stadium

2. Lapangan sepakbola Emirates Stadium

Panjang Lapangan (Touch Line): 105 Meter
Lebar Lapangan (Goal Line): 68 Meter
Kapasitas: 60.838 Kursi


Lapangan Sepakbola Gelora Bung Karno

3. Lapangan Sepakbola Gelora Bung Karno

Panjang Lapangan (Touch Line): 110 Meter
Lebar Lapangan (Goal Line): 70 Meter
Kapasitas: 80.838 Kursi pada tahun 2017 dan 120.000 kursi pada tahun 1962

4. Masih dalam peraturan tentang lapangan (Touch Line atau Panjang Lapangan)

Masih dalam peraturan tentang lapangan (Touch Line atau Panjang Lapangan)

Panjang Lapangan atau Touch Line adalah garis tepi setiap sisi lapangan atau bisa juga disebut garis tepi. Panjang Touch Line menunjukkan panjang lapangan tersebut. Apabila dalam permainan bola keluar melewati garis ini maka permainan akan dihentikan dan akan dimulai dengan lemparan bola kedalam lapangan menggunakan tangan.

5. Lebar Lapangan atau Goal Line atau Garis Gawang

Lebar Lapangan atau Goal Line atau Garis Gawang

Goal Line adalah garis tepi dari ujung setiap lapangan yang sejajar dengan gawang, lebar Goal Line menunjukkan lebar lapangan tersebut. Jika dalam permainan bola keluar melalui garis ini maka permainan akan dihentikan dan dilanjutkan kembali dengan tendangan kaki.

Jika bola keluar oleh lawan maka permainan dilanjutkan kembali dengan tendangan gawang oleh keeper, namun jika bola keluar oleh rekan setim makan permainan kembali dilanjutkan dengan tendangan sudut oleh lawan.

6. Half Line atau Garis Tengah

Half Line atau Garis Tengah

Garis tengah atau Half Line adalah garis terletak di tengah lapangan yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar, ini menunjukkan daerah kekuasaan setiap tim. Garis ini juga menjadi acuan offside dalam pertandingan sepakbola.

7. Lingkaran Tengah atau Centre Circle

Lingkaran Tengah atau Centre Circle

Lingkaran tengan adalah lingkarang yang berada di tengah lapangan. Bagian lingkaran tengah ini digunakan sebagai tempat untuk memulai kick off di babak pertama maupun kedua. Lingkaran ini memiliki diameter 9,15 Meter.

8. Centre Spot atau Titik Tengah

Centre Spot atau Titik Tengah

Centre Sport merupakan titi pusat dari lapangan yang berada di tengah dari Centre Circle. Titik ini digunakan sebagai untuk menempatkan bola pada awal kick off dibabak pertama maupun babak kedua. Saat ini kick off bisa dilakukan oleh satu atau dua orang.

9. Penalty Box atau Kotak Pinalty

Centre Spot atau Titik Tengah

penalty Box atau Kotak Pinalty adalah sebuah kotak didekat gawang yang memiliki panjang 40,32 Meter dengan lebar 16,5 Meter dihitung dari garis gawang atau Goal Line. Di area ini merupakan area keper yang diperbolehkan untuk memegang bola.

10. Goal Box atau Kotak Area Gawang

Goal Box atau Kotak Area Gawang

Goal Box atau Kotak Area Gawang adalah area kotak kecil didepan gawang yang lebih kecil dari Kotak Pinalty. Memiliki panjang 18,32 Meter dan Lebar 5,5 Meter yang dihitung dari garis gawang.

Pada area ini, seorang kiper sangat berkuasa dan lebih di prioritaskan. Misal pada saat kiper ingin menangkap bola tinggi di area ini, dan mendapat gangguan dari pihak musuh, maka pertandingan akan dihentikan dan kiper diberikan pelanggaran untuk dilanjutkan dengan tendangan bola mati ke arah pihak musuh.

11. Penalty Spot atau Titik Pinalty

 Penalty Spot atau Titik Pinalty

Adalah sebuah titik yang disediakan tepat di depan tengah gawang. Jarak titik pinalti ini adalah 11 meter dihitung dari garis gawang. Namun, orang-orang sering menyebutnya titik 12 pas!

Titik Tendangan 12 Pas / Titik 12 Pas
Adalah sebutan lain untuk titik pinalti. Hal ini mungkin dihitung dengan menggunakan satuan yard yang artinya 11 meter adalah 12 yard.

12. Penalty Arc

Penalty Arc

Pinalty Arc adalah sebuah area cekung setengah lingkaran tepat di belakang titik pinalti. Fungsinya untuk mengatur jarak pemain dengan bola ketika tendangan pinalti. Jadi, pada saat pinalti terjadi, tidak ada 1 pemain pun yang berjarak terlalu dekat dengan bola.


13. Corner Arc

Corner Arc

Corner Arc adalah sebuah area cekung seperempat lingkaran yang terletak di 4 pojok lapangan sepakbola. Area ini digunakan untuk tempat menaruh bola pada saat melakukan tendangan penjuru atau tendangan korner dengan radius 1 meter.

14. Technical Area

Technical Area

Technical Area adalah sebuah area berbentuk kotak persegi panjang, dimana area ini terletak dibagian pinggir samping lapangan. Area ini juga biasanya berada tepat di depan bangku-bangku pemain cadangan.

Fungsi nya adalah sebagai tempat pelatih atau staf lainnya dalam memberikan instruksi atau arahan dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Misal, ketika seorang pelatih terkena kartu merah atau larangan bermain/mendampingi tim nya pada saat melakukan pertandingan, maka pelatih tersebut tidak diperbolehkan memasuki area ini.


15. Corner Flag Post

Corner Flag Post

Corner Flag Post adalah sebuah bendera yang dipasang di tiang yang terletak di 4 pojok lapangan sepak bola. Tinggi tiang ini sendiri bervariasi namun tidak boleh kurang dari 1,5 meter.

B. Peraturan Gawang Lapangan Sepak Bola Standar FIFA

Selanjutnya selain lapangan yang tidak kalah penting adalah peraturan Gawang lapangan, dalam sepakbola modern dan profesional tinggi dan lebar gawang harus memenuhi standar FIFA sebagai badan tertinggi sepakbola dunia.

Dalam permainan sepakbola gawang adalah hal yang paling penting yang harus ada, disetiap permainan selalu ada dua gawang yang mana setiap tim mempunyai satu yang harus mereka jaga agar tidak kemasukan bola. Selain itu gawang juga berfungsi sebagai penahan ketika lawan mencetak gol.

Secara fisik tentu kita tahu bagaimana bentuk dari gawang sepakbola, yang terletak di setiap ujung tengah lapangan. Bentuknya yang persegi panjang terbuat dari besi dan memiliki jaring untuk menahan laju bola ketika pemain lawan berhasil memasukkan bola.

Yang dimaksud gawang disini bukan sembarang persegi panjang yang diletakkan di lapangan, namun ada aturan ukuran baku mengenai gawang sepak bola standar internasional yang telah disepakati dunia. Aturan tersebut meliputi bentuk gawang, ukuran gawang, dan seberapa kuat gawang tersebut menahan benturan bola.

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Adalah:

1. Ukuran Gawang Sepakbola

Ukuran tinggi gawang setinggi 2.44 m, sedangkan panjangnya 7.32 m. Ukuran panjang dan tinggi gawang dihitung dari sisi dalam tiang dan mistar di atasnya. Kemudian Jaring pada gawang memiliki ukuran lubang yang lumayan renggang yaitu 10 cm. Ukuran tersebut sudah cukup untuk menjaring bola agar tidak melaju jauh keluar.

Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Nasional Internasional FIFA Adalah:

2. Bentuk Gawang

Gawang yang diletakkan di tengah Goal Line bentuknya terdiri dari dua tiang dan sebuah mistar yang terpasang di atasnya. Selain itu diberikan jaring agar dapat menahan laju bola sehingga tidak jauh keluar melebihi batas gawang.

3. Ketahanan Gawang

Bahan untuk tiang dan mistar gawang yang bisa digunakan adalah besi, atau beberapa material dengan persetujuan FIFA. Baik tian atau mistar bentuknya elips atau bulat dan diberi warna putih. Mengenai ketahanan gawang harus tidak boleh bergeser ketika permainan berlangsung. Entah gawang tertanam di dalam tanah lapangan atau hanya ada di atas tanah lapangan. Selain itu jaring gawang harus melekat pada tiang dan tanah serta tidak mengganggu kiper dalam menjaga gawang.

C. Peraturan "Bola" yang digunakan harus sesuai Standar FIFA

Bola adalah salah satu kunci permainan sepakbola, tanpa bola maka permainan sepakbola tidak akan terjadi. Dalam sepakbola amatir bola bisa terbuat dari apa saja, entah itu terbuat dari plastik, batok kelapa atau bisa juga menggunakan bekas botol mineral sebagai bola nya.

Dalam pertandingan sepakbola resmi yang diakui oleh FIFA maka bola harus memiliki standarisasi dari FIFA mulai dari ukuran, berat sampai dengan bahan yang digunakan. Standar Bola yang diakui oleh badan sepakbola tertinggi dunia adalah sebagai berikut:


  1. Ukuran Bola: Ukuran Bola harus memiliki diameter sesuai ketentuan dari FIFA yakni 68 - 71 Cm
  2. Berat Bola: Berat Bola yang digunakan dalam permainan sepakbola profesional memiliki berat dkisaran 396 gram sampai dengan 453 gram.
  3. Bahan Bola: Bahan yang digunakan untuk pembuatan bola harus sesuai dengan peraturan sepakbola International standar FIFA yakni bahan pembuatan bola harus terbuar dari Kulit.
  4. Bentuk Bola: Dalam permainan sepakbola bentuk bola harus Bulat.


D. Peraturan mulai pertandingan

Sebelum memulai pertandingan sepak bola tersebut, seluruh pemain harus melakukan jabat tangan pada sesama pemain serta lawannya dengan berbaris di arah penonton.

Kemudian wasit akan membawa uang logam, dan memberikannya pada setiap kapten tim untuk memilih sisi logam tersebut. Setelah itu wasit akan melempar uang logam sebagai tanda untuk memilih siapakah yang berada di bola awal ataukah pilih dengan gawang.

E. Peraturan Jumlah pemain sepak bola

Didalam permainan sepak bola, ada 2 tim yang masing-masingnya beranggotakan 11 orang (salah satunya sebagai penjaga gawang). Jika pemain tim ada 7 atau 4 pemain terkena kartu merah maka terpaksa harus keluar ddari lapangan, dan tim itu dianggap kalah.

F. Peraturan Pemimpin Tim (Captain)

Setiap tim wajib memiliki captain, tujuannya untuk Kapten sendiri jika terjadi masalah dengan tim, maka nantinya kapten ini yang akan berdiskusi dengan wasit.

G. Peraturan Menggunakan Aksesoris

1. Jersey
Didalam satu pertandingan dari kedua tim tidak boleh memakai jersey satu warna. Setiap tim wajib mempunyai identitas yang berbeda, dan setiap tim harus mempunyai dua warna jersey.
Satu dipakai untuk pertandingan rumah/ biaya dinamakan “Home” dan satunya lagi dipakai untuk laga tandang atau bernama “Away”.

2. Kaos kaki
Didalam pertandingan resmi sepakbola ini warna kaos kai harus sama, tujuannya ialah untuk melindungi tulang kering dan mencegah cidera lainnya.

3. Sarung Tangan
Sarung tangan hanya diperbolehkan oleh kipper saja (penjaga gawang), tujuannya mempermudah penjaga gawang untuk menangkap bola dan melindungi tangannya terhadap tendangan bola keras. Pemain lainnya boleh memakai sarung tangan saat ada di lapangan yang dingin/ bersalju.

4. Penutup kepala
Penutup kepala ini dipakai untuk pemain yang sedang mengalami cidera. Dan untuk aksesoris lainnya yang dilarang, misalnya anting, kalung, gelang, dan lain sebagainya.

H. Peraturan Wasit

Wasit adalah orang pemegang sepenuhnya dalam jalannya sebuah pertandingan dan berhakl memberikan keputusan bila pemain bola melanggar peraturan. Wasit utama dibantu oleh dua asisten wasit.

I. Peraturan Asisten Wasit

Asisten wasit dikenal dengan “linesman”. Tugasnya memberitahukan pada wasit utama bila terjadi offside menggunakan sebuah tanda bendera dan tugasnya mengawasi bila terjadi throw in serta tendangan sudut.

J. Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola dilaksanakan selama 90 menit dan terbagi 2 babak. Pada setiap babak mempunyai waktu 45 menit, dan waktu istirahat ±15 menit.

Jika 90 menit sudah habis dan pertandingan itu membutuhkan pemenang, maka dilakukan tambahan waktu (extra time) dengan durasi 2×15 menit. Jika kedudukannya masih saja sama, maka akan diadakan adu finalty.

K. Peraturan Kick Off

Kick off dilaksanakan ketika memulai permainan, yakni:


  1. Saat Memulai pertandingan
  2. Memulai babak kedua
  3. Gol terjadi
  4. Memulai babak extra time

L. Peraturan Gol

Dalam melakukkan perhitungan gol ini dilakukan saat bola masuk ke jaring gawang dan melewati gatis gawang serta tak ada pemain yang terkenai offside, pelanggaran, ataupun hands ball. Seluruh keputusan ada ditangan wasit yang menentukan gol tersebut sah ataupun tidak.

M. Peraturan Offside & Onside

Offside ini terjadi jika ada teman salah satu tim yang mengoper pada pemain lain namun ada didepan bek pertahanan lawannya. Dan asisten wasit yang bisa menentukan terjadinya offside maupun onside caranya dengan mengangkat bendera. Untuk peraturan onside tersebut juga sebaliknya.

N. Peraturan Bola Out atau Keluar

Lemparan kedalam terjadi ketika bola keluar disisi lapangan. Sementara bola yang keluar dari samping gawang akan terjadi tendangan sudut. Dan jika terdapat pemain yang cedera, maka wasit berhak memerintahkan mengeluarkan bola.

O. Peraturan Lemparan kedalam/ Throw in

Dilakukan ketika bola keluar lapangan, dan tim yang bisa mengambil lemparan kedalam adalah tim yang tidak mengeluarkan bola tersebut. Ketika melakukan lemparan, pemain tidak boleh lama membuang waktu serta tidak boleh angkat satu kaki.

P. Peraturan Tendangan Gawang

Dilakukan ketika bola sudah melalui garis gawang dikarenakan pemain lawan. Penjaga/ teman tim dapat melakukan tendangan gawang.

Q. Peraturan Tendangan Sudut atau Corner kick

Dilakukan ketika bola keluar dan melalui garis gawang yang disebabkan pemain bek/ satu tim, tendangan ini dilakukan pemain lawan. Letaknya tendangan gawang ada di pojok kiri/ kanan lapangan.

R. Peraturan Pergantian Pemain

Pergantian pemain hanya dapat dilaksanakan maksimal 3-7 orang.

S. Peraturan Pelanggaran

Pelanggaran terjadi saat terjadi tackle keras, handsball atau mendorong lawan, lalu menarik dan lainnya. Wasit akan mengeluarkan 2 macam kartu yaitu kartu kuning dan merah .

Jika pemain mendapat kartu kuning, otomatis dia dapat peringatan keras. Jika dia sudah mendapatkan kartu kuning kemudain melakukan pelanggaran berat lagi maka ia akan di keluarkan didalam permainan. Dan jika ada pemain yang dapat kartu merah, maka ia langsung dikeluarkan dalam pertandingan.

T. Peraturan Tendangan Bebas/ Free kick

Tendangan bebas dilakukan di tempat terjadinya sebuah pelanggaran, jika terjadi tendangan bebas ini nantinya ada 2 pilihan yang dapat dilakukan yakni kita dapat menendang langsung menuju arah gawang atau bisa pula mengoper pada teman dalam tim kita.

U. Peraturan Terjadinya Penalty

Penalti dapat terjadi disebabkan adanya pemain yang mendapat pelanggaran di area penjaga gawang. Seperti hands ball, tackle, dan pelanggaran lainnya.

Nah berikut adalah penjelasan lengkap mengenai peraturan permainan sepak bola profesional sesuai standar dari badan sepakbola tertinggi dunia yakni FIFA. 

Posting Komentar untuk "A to Z Peraturan Sepak Bola Profesional Lengkap Sesuai Standar FIFA Badan Sepakbola Dunia"