BLANTERTOKOv105
6700739585096372729

Sejarah Sepakbola Inggris - Negara Penemu Olahraga Sepakbola

Sejarah Sepakbola Inggris - Negara Penemu Olahraga Sepakbola

Sejarah Sepak Bola Inggris

Berdasarkan catatan sejarah, Negara inggris merupakan Negara asal terciptanya olahraga sepakbola, tertulis dalam sejarah dengan adanya bukti klub sepak bola tertua di inggris yakni Sheffield FC.  Peraturan sepak bola modern juga banyak tercipta di Negara inggris yakni di tahun 1863 dan berbpengaruh besar terhadap peraturan-peraturan sepak bola saat ini. Inggris juga memiliki banyak sekali klub-klub yang berdiri, dengan lebih dari 40.000 klub sepak bola menjadikan inggris sebagai Negara yang memiliki klub sepak bola terbanyak.

sejarah sepak bola inggris, dan berdirinya peraturan sepak bola di dunia

Sebagai Negara terciptanya olahraga sepakbola inggris juga menjadi tempat berdirinya berbagai Liga dan Organisasi yang bertahan sampai sekarang, dan bahkan menjadi rujukan sebuah peraturan sepak bola dunia. Sebut saja Badan nasional pengatur sepakbola pertama dan tertua di dunia yakni (The Football Assosiation), tim nasional pertama, kompetisi pertama yang menganut system gugur nasional tertua (Piala FA) dan Liga Nasional  tertua (The Footbal League). Saat ini liga domestic Inggris (Liga Primer) menjadi liga yang terkaya dengan klub-klub besar yang terkenal di dunia.

Permainan bola modern saat ini secara global di modifikasi pada tahun 1863 di London, bertujuan untuk mengatur sepak bola di sekolah umum dan di Universitas, selain itu untuk menyatukan peraturan-peraturan yang sebelumnya berbeda-beda antar klub. Sepakbola dimainkan di Inggris sejak awal abad pertengahan, hal itu dibuktikan dengan catatan dari tahun 1170 yakni William Fitzstephen yang menulis tentang kunjungannya ke London. Setelah makan malam selesai para pemuda keluar rumah pergi ke ladang untuk memaikan sepakola, permaia menendang bola digambarkan di inggris dari tahun 1280.

Aturan Cambridge merupakan aturan sepakbola yang dibuat di Universitas Cambrige pada tahun 1848, yang merupakan awal berbagai aturan sepak bola hingga tahun 1850-an. Banyak klub sepak bola yang tidak ada hubungannya dengan sekolah umum dan universitas terbentuk secara luas di berbagai Negara. Beberapa peraturan sepak bola muncul sesuka hati yang berbeda dari setiap klub, terutama Sheffield FC klub tertua di dunia yang dibentuk oleh mantan siswa sekolah umum pada tahun 1857, hal tersebut juga yang mempengarui berdirinya Hallamshire Footbal Assosiation pada tahun 1867.

Pada masa itu belum ada peraturan standard yang mengatur permainan sepak bola, sehingga setiap tim mempunyai peraturan sendiri-sendiri . Shefield FC bermain dengan aturannya sendiri hingga tahun 1870-an dan FA menyerap beberapa peraturan tersebut. HIngga perkembangan sepak bola saat ini peraturan sepak bola merujuk pada peraturan sepakbola FA. Pada tahun 1873, tepatnya tanggal 8 Maret TImnas Inggris menang 4-2 dari timnas skotlandia di The Oval dan ini merukan pertandingan sepakbola pertama secara internasional.

Pada akhir abad ke-19 keadaan didominasi oleh perpecahan sepak bola antara tim amatir dan tim professional, dan membagi klub menjadi utara dan selatan. Klub utara yang antusias mengadopsi profesionalisme sebagai pekerjaan tidak mau bermain secara amatir, sedangkan klub selatan masih fanatic dengan kultur amatirnya. Pada tahun 1885 khirnya FA memilih sepak bola professional dan mengesahkannya.

Dibawah ini merupakan berbagai Liga di Inggris yang resmi dan sejarahnya.

Sistem liga dan liga professional dibentuk oleh direktur Aston Villa MC Gregor yakni pada tahun 1888. Sejak saat itu, seiring berjalannya waktu banyak sekali liga-liga yang muncul sehingga banyak upaya yang dilakukan agar liga-liga tersebut menyatu seperti sebuah piramida. Dengan adanya analogy piramida pada setiap liga membuat tim-tim memiliki kesempatan untuk promosi dan degradasi diantara tingkat yang berbeda. Motivasi utama untuk usaha ini adalah untuk menjaga kemungkinan bahwa setiap tim yang bermain menginginkan sebuah peningkatan ke bagian paling atas, tidak peduli status mereka.

Liga Primer:

Liga primer atau bisa juga disebut liga utama inggris dibentuk pada tahun 1992-93 sebagai bentuk ketidakpuasan tim-tim yang sebelumnya berada di Footbal League. Namun hubungan baik dengan Footbal league tetap dipertahankan yakni dengan setiap 3 tim terbawah dari liga primer akan dikembalikan ke Footbal League diganti dengan 3 tim pemenang dari Championship.

Liga primer adalah liga yang bersifat tunggal, dengan divisi tunggal dan diikuti oleh 20 klub dalam setiap musim. Setiap klub di liga primer mempunya kesempatan bertanding 1/20 bagian, yang merupakan bagian dari tanggung jawab masing-masing klub.

Football League:

Football League, sebelum terbentuknya Liga Primer pada tahun 1992, Football League adalah liga teratas di inggris dan merupakan liga tertua di inggris dan dunia. Footbal League memiliki 4 Divisi diantaranya adalah Divisi 1, Divisi 2, Divisi 3 dan Divisi 4. Hingga saat ini telah tergabung 72 klub yang bermain dalam divisi Champions, Liga 1 dan Liga 2 dan setiap divisi di ikuti 24 klub, system promosi dan degradasi juga diterapkan dalam divisi ini.

Football Conference:

Dibawah Football League teradpat football conference atau bisa disebut sepakbola non –liga, istilah ini sebenarnya membingungkan, ini sebenarnya mengacu kepada Football League, meskipun dalam divisi ini klub-klub masih bermain di kompetisi yang terorganisir. Dalam beberapa tahun terakhir liga-liga di atas nya telah dikonsolidasikan ke dalam sitem liga nasiona, yang di operasikan oleh FA.

Dalam level ini dikenal dengan level Footbal Conference. Sebagian besar klub di level ini adalah professional dan semi professional, terdapat juga prmosi secara otomatis dan degradasi antara football League dengan Footbal Conference. Di level ini juga dikenal dengan system piramidanya, karena jumlah klub pada setiap tingkat, semakin kebawah semakin meningkatkan, dengan masing-masing yang mencakut setiap wilayah geografis yang lebih kecil.

Lihat juga: Jual Jersey Manchester United Home Musim 2020-2021

Liga Amatir:

Meskipun FA sudah tidak mengenal divisi dengan nama formal “amatir” diawal tahun 1970-an, berbagai tim masih aktif bermain diliga amatir dengan tanpa imbalan keuangan dan Liga Amatir bukanlah salah satu liga Nasional.

Liga Tim Cadangan:

Tingkat teratas dari liga profesional tim cadangan adalah Liga Primer Tim Cadangan yang dibentuk pada tahun 1999. Liga Primer Tim Cadangan ini kemudian dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan dengan masing-masing peserta sebanyak 10 tim.

Tidak ada promosi dan degradasi di liga tim cadangan. Ketika sebuah tim utama terdegradasi dari Liga Primer, maka tim cadangan akan menarik diri mereka dari liga primer tim cadangan dan digantikan oleh tim cadangan yang tim utamanya promosi ke Liga Primer.\


Di bawah liga tim cadangan profesional, banyak klub juga mengoperasikan tim cadangan, yang bermain di liga Cadangan terpisah, seperti Liga Lancashire. Beberapa liga yang lebih rendah, seperti Liga Sepak Bola County Barat-Utara mengatur liga tim cadangan mereka sendiri.

Liga Akademi:

Banyak klub mempunyai akademinya masing-masing dan liga akademi menjadi wadah bagi setiap tim akademi untuk bertanding, itu termasuk juga dari tim dari Liga Primer maupun Football League yang mempunyai pemain muda. Saat ini Liga Akademi memiliki 40 tim yang dibagi menjadi 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 10 tim. Pada akhir musim dari setiap juara kelompok akan ditandingkan dengan babak Play-off untuk menetukan juara liga.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola_di_Inggris

Detail Pemesanan

Sejarah Sepakbola Inggris - Negara Penemu Olahraga Sepakbola
Sejarah Sepakbola Inggris - Negara Penemu Olahraga Sepakbola
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya