15 Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Paling Populer di Indonesia dan Dunia

Hampir semua orang menyukai olahraga sepak bola, baik dari kalangan menengah, menengah keatas maupun dari kalangan menengah kebawah. Selain mudah untuk dimainkan tentunya juga sangat seru dijadikan tontonan, apalagi saat menonton team kesayangan kita sedang bertanding.

15 Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Paling Populer di Indonesia dan Dunia

Semua orang sepertinya setuju jika olahraga sepak bola merupakan olahraga paling popular di Indonesia bahkan di Dunia, mungkin hanya Amerika Serikat dan Autralia yang tidak terlalu popular karena kalah dengan olahraga lainnya.

Olahraga Sepakbola merupakan olahraga yang tercipta di Negara Inggris pada abad ke-19 berdasarkan informasi dari Wikipedia dan sudah kita buat juga artikel mengenai asal usul sepak bola. Namun ada beberapa catatan arkeologi yang menyebutkan bahwa sepakbola pertama kali muncul di China  pada abad ke-13 SM dan mulai dibentuk tim sepak bola pertama kalinya di Inggris dan menyebar ke seluruh dunia.

Dalam catatan lain, permainan sepak bola yang dilakukan dalam sebuah tim untuk pertama kalinya dilakukan oleh orang Amerika sekitar 3000 tahun yang lalu.

“Ide olahraga tim muncul di Meoamerika“,  kata Mary Miller, seorang professor sejarah seni di Universitas Yale yang mempelajari olahraga dilansir National Geographic, seperti yang kami kutip dari halaman serambinews.com.

Selepas dari itu semua kita tidak perlu memusingkan asal usul olahraga sepak bola dari Negara Mana, mungkin orang pertama yang menendang bola adalah dari China, dan di Amerikan menendang sepak bola dijadijan permainan dan di Inggris yang pertama kali membentuk sebuah tim sepak bola dan peraturannya yang sampai saat ini peraturan tersebut masih digunakan.

Nah mungkin kita akan setuju jika permainan sepak bola modern asal-usulnya dari Inggris, langsung saja sesuai tema kali ini kita akan membahas mengenai 20 Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Paling Populer di Indonesia dan Dunia.

Pertama kita akan membahas kenapa Olahraga Sepak Bola menjadi sangat popular di Indonesia.

1. Sepak Bola adalah olahraga yang paling banyak di tonton di Dunia

Fakta menarik yang perlu kita ketahui adalah olahraga sepak bola merupakan olahraga yang paling banyak ditonton di dunia, terbukti dengan 3,5 Miliar orang di Bumi tergila-gila dengan sepak bola, dan banyak sekali stasiun Tv yang berlomba-lomba untuk menyiarkan pertandingan sepak bola, contohnya adalah saat gelaran Piala Dunia, Piala Euro, Liga di Eropa seperti Liga Inggris, La Liga Spanyol dan Liga Italia Serie A, merupakan gelaran sepakbola yang memiliki banyak sekali penonton di Dunia termasuk di Indonesia.

2. Indonesia adalah wakil pertama Asia di ajang sepak Bola

Banyak dari kita mungkin belum tahu bahwa Indonesia pernah ikut turnamen sepak bola terbesar di dunia. Yup, Indonesia dulu saat masih menggunakan nama Hindia Belanda pernah bermain di piala dunia 82 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 5 Juni 1938. Saar itu Indonesia diperkuat oleh pemain gabungan dari penduduk local dan keturunan Belanda serta China. Pada saat itu Hinda Belanda mempercatakan kepada Sultan Anwar, Achmad Nawir, Tan See Han, Rudi Telwe dan kawan-kawan.

Pada saat itu Indonesia mampu melaju hingga ke babak 16 besar.

3. Indonesia menjadi salah satu Negara yang memilki klub sepak bola terbanyak

Dengan statement tersebut tentunya kita setuju bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara dengan jumlah klub terbanyak. Berdasarkan jumlah pulau dan Provinsi di Indonesia hampir semua wilayah mempunyai sebuah tim, bahkan setingkat kabupaten-pun. Jika kita merunut informasi dari Wikipedia Indonesia memiliki 415 Kabupaten, 93 Kota, 1 Kabupaten Administrasi, 5 Kota Administrasi. Bayangkangkan jika semua daerah tersebut mempunyai sebuah klub, faktanya hampir semua wilayah tersebut memiliki sebuah team, baik yang bermain di Liga 1 Indonesia, Liga 2 Indonesia, Liga 3 dan Liga setingkat Provinsi.

Selain itu terdapat juga beberapa klub di Indonesia yang bubar, Non Aktif atau Berganti Nama, misalnya Persijatim menjadi Sriwijaya FC, Niac Mitra menjadi Mitra Kukar, Persipasi Bekasi Raya menjadi Madura United FC. Hal itulah yang menjadi salah satu olahraga sepak bola menjadi sangat popular di Indonesia.

3 alasan diatas mungkin sangat cocok kenapa olahraga sepak bola sangat popular di Indonesia. Jika kamu punya alasan lain kenapa olahraga sepak bola di Indonesia begitu popular jangan sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Selanjutnya adalah alasan kenapa olahraga sepakbola menjadi popular di Dunia.

4. Peraturan olahraga yang sederhana

Pada dasarnya olahraga sepak bola dimainkan dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dengan memakai seluruh anggota badan kecuali tangan, dan tim dengan memasukkan bola paling banyak kegawang lawan menjadi pemenangnya. Karena peraturan yang simple dan mudah dipahami menjadikan olahraga sepakbola digemari oleh banyak orang di Dunia.

5. Sepak bola merupakan olahraga universal

Semua orang bisa memankan olahraga ini tanpa memandang ras dan gender, artinya olahraga sepak bola ini bisa dimaikan oleh setiap orang, baik anak kecil maupun dewasa. Bahkan tidak hanya manusia yang bisa memainkan lahraga sepak bola, binatang pun mampu melakukannya. Buktinya ada sepakbola gajah di Thailand dan Sepak Bola Anjing, bahkan ada pula sepak bola robot hingga ke turnamen Internasional.

6. Peralatan mudah dan murah

Cukup dengan bola plastik kita bisa memainan olahraga sepak bola, dengan gawang dari sandal atau botol. Tidak perlu peralatan yang bernilai jutaan untuk beramain sepak bola, seperti Golf, Bowling atau Ice Skating. Cukup dengan bola dengan harga yang murah dan mudah didapat kita sudah bisa bermain sepak bola. Seperti yang sudah disebutkan diatas, sendalpun bisa digunakan sebagai gawang dan botol plastic bekas pun bisa menjadi bolanya. Jika kamu terlahir di tahun 80 – 90-an pasti pernah merasakan ini.

7. Olahraga sepak bola bisa dimainkan dimana saja

Selain bisa dimainkan oleh siapa saja, olahraga sepak bola juga bisa dimainkan dimana saja. Tidak perlu arena khusus, baik ladang, sawah, kebun, jalanan, tempat parkir, dipantai sampai gang sempit sekalipun bisa dijadikan tempat untuk bermain olahraga sepak bola.

8. Banyak bintang sepak bola yang menjadi Ikon 

Tahun 2020 ini siapa yang tidak kenal Chritiano Ronaldo, Messi, Neymar bahkan bintang sepak bola lawas seperti David Beckam, KAKA, Ronaldo dan Maradona semuanya terkenal dan menjadi ikon sepak bola dunia, dengan skill mereka yang mengagumkan juga kepribadian positif dan riwayat Prestasi yang luar biasa mampun membuat banyak orang terinspirasi. Atlit-atlit sepak bola tersebut juga turut andil menjadikan olahraga sepak bola menjadi popular di dunia. Bahkan banyak Fans wanita yang tadinya tidak suka sepak bola menjadi tergila-gila.

9. Olahraga sepak bola tidak mengenal musim

Olahraga sepakbola tidaklah mengenal musim, baik musim hujan, musim kemarau hingga musim dingin pun tidak menjadi masalah untuk memainkan olahraga sepak bola ini. Dengan kemajuan teknologi saat ini juga ikut membuat olahraga sepak bola menjadi lebih mudah untuk dimainkan pada cuaca-cuaca yang ekstrim.

10. Olahraga Futsal menjadikan olahraga sepak bola semakin popular

Futsal menjadi solusi untuk bermain sepak bola di kota-kota, dengan semakin sulitnya lapangan untuk bermain, lapangan futsal menjadi solusinya. Olahraga sepakbola tidak hanya dimainkan di luar ruangan, namun juga bisa dimainkan didalam ruangan atau sering disebut Futsal. Dengan semakin populernya Futsal membuat sepak bola semakin digemari oleh semua kalangan dan menjadi salah satu solusi olahraga yang murah di kota-kota. Selain itu jumlah pemain pada pertandingan futsal tidak sebanyak ketika bermain sepak bola. Sehingga hanya dengan segelintir orang saja sudah bisa memainkan sepak bola Futsal.

11. Turnamen Sepak Bola Piala Dunia mengalahkan Olimpiade

Piala dunia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1930 dan menjelma menjadi ajang pertandingan olahraga terbesar di dunia yang mampu mengalahkan Olimiade, bahkan karena kepopulerannya banyak stasiun TV yang menginginkan untuk mendapatkan hak siar.

12. Tidak perlu punya postur tubuh yang bagus

Tidak seperti pemain Rugby yang harus punya tubuh besar dan pemain Basket yang harus tinggi, pemain sepak bola bisa dimainkan oleh siapa saja dengan tubuh seadanya. Contoh saja di luar negeri ada Leonel Messi yang meskipun bertubuh kecil namun bisa menjadi bintang sepak bola yang di elu-elukan. Didalam negeri sendiri tentunya ada Andik Vermansyah yang mempunya tubuh kecil tapi memiliki skill yang mumpuni, sampai David Beckham saja terkagum-kagum.

13. Olahraga sepak bola sudah menjadi budaya

Di berbagai Negara , sepak bola sudah menjadi budaya yang turun temurun, seperti di Brasil, anak-anak sejak kecil sudah memainkan sepak bola, dimana saja dan dengan siapa saja, tidak heran jika perkembangan sepak bola di Brasil sudah sangat maju di antara Negara lainnya.

14. Sepak bola dapat mengakrabkan pertemanan

Saking merakyatnya, sepak bola juga bisa dijadikan sebagai perlombaan dalam rangka mempererat tali silaturahmi. Lihat saja jika ada acara 17-an, pasti ada permainan sepak bola yang dimodifikasi sedimikan rupa agar bisa menghibur. Tentu tujuannya untuk mengakrabkan sesama warga dikampung tersebut.

15. Sepak bola sarat gengsi antar pemain, pemilik dan supporter

Karena olahraga sepak bola sudah menjadi budaya, sepak bola tidak hanya sekedar adu stamina, tetapi juga untuk saling adu gengsi. Ini terbukti dengan banyaknya supporter garis keras tiap klub sepak bola. Sebut saja Ultras di Italia atau Hooligan di Inggris, mereka rela melakukan apa saja bahkan di luar nalar demi memuja klub idamannya.

Nah diatas  sudah dijelaskan mengenai 15 alasan olahraga sepak bola merupakan olahraga paling populer di Indonesia bahkan di Dunia. Kita tidak bisa memungkiri bahwa banyak sekali yang menyukai olahraga ini selain memainkannya mereka juga suka untuk sekedar menonton. Buktinya Liga Inggris merupakan liga yang paling banyak ditonton di Dunia dan di Indonesia Liga 1 adalah liga yang juga paling banyak di tonton. Hanya saja perkembangan sepak bola Indonesia bisa dibilang stagnan atau jalan ditempat, mudah-mudahan kedepannya klub-klub di Indonesia bisa Berjaya dikancah dunia International. Amin
Enkosa
Enkosa Halo perkenalkan nama saya Endik Eko Saputro untuk lebih mengenal saya bisa cek Instagram saya @endikekos

Posting Komentar untuk "15 Alasan Sepak Bola Menjadi Olahraga Paling Populer di Indonesia dan Dunia"