Penyebab dan gejala awal Sakit Jantung

Sakit jantung merupakan efek dari berbagai masalah kesehatan lain seperti Hipertensi, Kolesterol dan tekanan darah tinggi. Jika permasalahan tersebut tidak segera ditangani maka kondisi jantung bisa menjadi parah dan bisa saja menyebabkan serangan jantung.

Penyakit jantung memiliki beberapa gejala yang bisa kita rasakan, namun dibeberapa kondisi sama sekali tidak memiliki gejalanya. Gejala sakit jantung diantaranya adalah nyeri di bagian dada, sesak nafas atau nafas menjadi berat, pusing, gelisah dan keringat dingin. 

Gejala awal sakit jantung yang pertama adalah nyeri dibagian dada, itu dikarenakan jantung harus bekerja lebih ekstra dikarenakan penyumbatan pembuluh darah akibat dari kolesterol. 

Tanda-tanda sakit jantung yang kedua adalah sesak nafas, sesak nafas atau bernafas menjadi lebih berat dari biasanya terjadi karena rasa nyeri dibagian dada dan berkurangnya kandungan oksigen dalam darah dikarenan tersumbatnya aliran darah yang mengalir dari jantung ke paru-paru. 

Penyebab sakit jantung diantaranya adalah kolesterol yang menumpuk di bagian pembuluh darah. Kolesterol sebenarnya baik untuk tubuh, karena bisa memproduksi vitamin D, bisa menghancurkan lemak dan membuat hormon tertentu. 

Namun jika kolesterol terlalu tinggi makan dia akan menempel di dinding pembuluh arteri dan menumpuk sehingga mempersempit aliran darah. Hal itu diperburuk apabila terdapat gumpalan darah yang bisa menyumbat aliran darah ke jantung, dan bisa menyebabkan gagal ginjal atau serangan jantung.

Untuk mengurangi resiko sakit jantung kita diwajibkan harus merubah pola makan secara agresif, orang-orang yang sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran akan memiliki resiko sakit jantung yang lebih kecil, dibandingkan dengan mereka yang sering makan daging merah ataupun bagi mereka yang perokok.

Bagi kalian jika sudah terlanjur memiliki tanda-tanda sakit jantung yang sudah disebutkan diatas, diwajibkan untuk segera melakukan tes kesehatan jantung dan tes kolesterol. Tidak menutup kemungkinan, orang yang tidak memiliki tanda-tanda sakit jantung diatas juga harus tetap sesekali memeriksakan jantungnya, minimal cek kolesterol.

Buat temen-temen yang ingin memeriksakan jantungnya bisa mengunjungi rumah sakit yang memiliki fasilitas pengecekan darah, rekomendasi rumah sakit jantung di Jakarta diantaranya adalah rumah sakit jantung harapan kita atau rumah sakit jantung Matraman.

Selain daripada itu semua, kita sebaiknya memulai hidup sehat dari sekarang dengan cara memakan buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan. Sebisa mungkin untuk mengurangi makanan daging merah, bukan berarti tidak boleh namun makan dengan jumlah sewajarnya lebih baik daripada berlebihan. 

Penyakit jantung merupakan penyakit yang tidak bisa dihindari namun bisa kita kurangi resikonya dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Kembali ke Topik Jantung

Posting Komentar untuk "Penyebab dan gejala awal Sakit Jantung "